Ed Sheeran Umumkan Rehat 18 Bulan Usai Akhiri Tur Divide

Oleh: Yonada Nancy - 29 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Ed Sheeran akan rehat selama 18 bulan untuk menghabiskan waktu bersama keluarganya.
tirto.id - Penyanyi Ed Sheeran mengumumkan rencana untuk rehat sejanak dari dunia musik saat penampilan terakhir tur Divide di Ipswich, Inggris. Di atas panggung Cantry Park, Sheeran dengan emosional memberi tahu seluruh fansnya tentang rencananya untuk beristirahat.

"Seperti yang kalian tahu atau tidak, saya sudah mengikuti tur Divide selama lebih dari dua tahun sekarang. Dan ini adalah hari terakhir dari semuanya," kata Sheeran seperti dikutip Mirror.

Selama dua tahun ini, Sheeran memang disibukan dengan Tur Divide yang mengharuskannya berkeliling dunia termasuk Amerika Serikat, New Zealand, Australia, Asia, dan Amerika Selatan.

Penyanyi “Thinking Out Loud” ini mengatakan, akan beristirhat selama kurang lebih 18 bulan.

"Aku mencintai kalian [fans] di sini dan kita akan mengakhiri ini di Ipswich. Ini adalah penampilan terakhirku untuk mungkin 18 bulan," katanya.

Dalam masa istirahat ini, Sheeran berencana fokus dalam kehidupan barunya sebagai seorang suami dari Cherry Seaborn, teman kecil Sheeran yang dinikahinya pada akhir 2018 lalu.

Masih di atas panggung Cantry Park, penyanyi berusia 28 tahun ini berterima kasih kepada seluruh orang yang telah mendukungnya dalam tur Divide.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang dalam tur ini. Terima kasih kepada semua orang yang telah memberi saya kesempatan. Ini adalah lagu terakhir saya," kata Sheeran.

Independent mencatat, tur Divide berhasil mencetak keuntungan lebih dari 775,6 juta dolar AS dengan penjualan 8,9 juta tiket di seluruh dunia.

Tur Divide bahkan sempat dinobatkan sebagai tur terlaris di dunia pada tahun 2018. Dikutip dari iHeart Radio, tur yang dilakukan oleh penyanyi asal Inggris ini berhasil meraup keuntungan besar dari penjualan tiket mencapai 4.860.482 dari 53 kota. Dari tur Divide, Sheeran berhasil meraup keuntungan mencapai 432,4 juta dolar AS.

Rekor ini bahkan mengalahkan tur akbar penyanyi Taylor Swift bertajuk Reputation dengan keuntungan 345,1 juta dolar AS yang juga dimulai pada tahun yang sama. Tidak hanya itu, Sheeran juga menjadi musikus yang mengumpulkan keuntungan terbanyak dibanding musikus lain selama 30 tahun terakhir.

Sheeran bahkan sempat merajai Billboard tahun ini lewat lagu duetnya dengan Eminem dan 50 Cent, “Remember the Name” dari albumnya yang berjudul No.6 Collaboration Project. Menurut Billboard No.6 Collaboration Project berhasil menjual 173.000 kopi pada minggu pertamanya rilis.


Baca juga artikel terkait DUNIA MUSIK atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight