Liga Champions 2019

Duel Tottenham vs Dortmund Tanpa Harry Kane & Paco Alcacer

Oleh: Permadi Suntama - 13 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Jelang laga Tottenham vs Dortmund di Liga Champions pada Kamis (14/2/2019), tuan rumah tanpa Dele Alli dan Harry Kane. Sementara tim tamu, tidak diperkuat Paco Alcacer dan Marco Reus.
tirto.id - Duel Tottenham Hotspur kontra Borussia Dortmund yang digelar Kamis (14/2/2019) pukul 03.00 WIB bagai tidak lengkap. Pasalnya, di leg pertama 16 besar Liga Champions musim ini, kedua tim sama-sama tidak diperkuat penyerang penting. Tuan rumah tanpa Harry Kane, sedangkan tim tamu tanpa Paco Alcacer.

Harry Kane diperkirakan dapat kembali merumput saat Spurs bertemu Burnley di Liga Inggris pad 23 Februari 2019. Dengan demikian The Lilywhites bisa membawa sang penyerang Inggris bertandang ke Signal Iduna Park 5 Maret 2019. Namun, sang pencetak 4 gol di Liga Champions tidak bisa tampil pekan ini.

Tanpa Kane, Spurs bisa mengandalkan Fernando Llorente di depan, dibantu Son Heung-Min. Menurut juru taktik Tottenham, Mauricio Pochettino, timnya sudah siap tempur menangani Dortmund di Wembley.

“Anda dapat merasakan bahwa itu [pertandingan kontra Dortmund] adalah Liga Champions, bahwa itu akan menjadi pertandingan besar. Saya harap stadion Wembley akan penuh dan tentu saja, energi dan motivasi akan ada di sana,” kata Pochettino dikutip Guardian.

Namun, keadaan Spurs tidak dapat disebut prima. Selain tak akan diperkuat Harry Kane, klub London juga kehilangan Dele Alli dan Ben Davies. Dengan demikian, Pochettino kemungkinan akan memasang Jan Vertonghen sebagai bek kiri, atau memainkan skema tiga bek sejajar.

Jika Spurs bermain tanpa Harry Kane, kondisi Borussia Dortmund tidak lebih baik. Mereka kehilangan Manuel Akanji, Paco Alcácer, Marco Reus, hingga Lukasz Piszczek. Alcacer cedera bahu, sedangkan Reus mengalami masalah di paha.

Di Liga Champions, Alcacer sejauh ini baru mencetak 1 gol di Liga Champions, tetapi mengemas 12 gol di Bundesliga. Hanya saja ia tengah mengalami kekeringan gol. Sang penyerang terakhir kali membobol gawang lawan pada Desember lalu. Setelah itu, dalam enam laga terakhir, ketajamannya berkurang.

Selain Alcacer, Dortmund tidak bisa memakai Reus yang dalam lima laga terakhir mencetak tiga gol. Otomatis lini depan bakal diserahkan Lucien Favre kepada Maximilian Philipp dan Mario Gotze, didukung entah Jadon Sancho dan Christian Pulisic atau Raphael Guerreiro.

Favre sendirimenegaskan, percaya pada pemain yang ada dalam skuat. Baginya, hilangnya Kane dan Alli dari lini depan Tottenham tidak membuat perbedaan kekuatan yang mencolok.

"Kami berkonsentrasi pada pertandingan besok [di Liga Champions] dan kemudian di Bundesliga. Tottenham tanpa Kane dan Alli; kami juga kehilangan pemain [karena cedera]. Kami tidak akan berbicara soal pemain yang tidak ada di sini," kata Favre dikutip UEFA.


Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Permadi Suntama
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Permadi Suntama