Drawing Tunggal Putri All England 2020: Ujian Berat Gregoria

Oleh: Oryza Aditama - 19 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Gregoria Mariska Tunjung menjadi satu-satunya wakil tunggal putri Indonesia dalam kejuaraan badminton All England 2020.
tirto.id - Gregoria Mariska Tunjung menjadi satu-satunya wakil tunggal putri Indonesia dalam kejuaraan badminton All England 2020, yang akan digelar pada 11-15 Maret mendatang di Arena Birmingham, Inggris.

Ujian berat telah menanti Gregoria menyusul dirilisnya hasil drawing turnamen berkategori Super 1000 tersebut. Di babak pertama (32 besar), Gregoria yang kini menduduki peringkat 24 dunia ditunggu tunggal putri Singapura nomor 25 dunia, Yeo Jia Min.

Ditinjau dari rekor pertemuan, Gregoria memiliki keunggulan 2-0 atas Yeo. Namun, dua kemenangan itu terjadi sudah sangat lama, yakni di Singapore International Series 2015 dan Kejuaraan Dunia Beregu Campuran Junior 2015. Dalam dua kesempatan tersebut, Gregoria mampu memetik kemenangan dua set langsung.

Gregoria memiliki capaian sedikit lebih baik ketimbang Yeo Jia Min dalam beberapa turnamen sepanjang bulan Januari 2020. Meski di ajang Indonesia Masters dan Malaysia Masters Gregoria langsung tersingkir di babak pertama, namun atlet 20 tahun ini menembus perempat final Thailand Masters. Sebaliknya, Yeo Jia Min langsung kandas di ketiga kejuaraan tersebut.

Tantangan tak kalah berat sudah menanti Gregoria jika ia mampu melewati ujian pertama. Di babak 16 besar, Gregoria berpotensi melawan unggulan-2 asal Taiwan sekaligus peraih runner-up All England tahun lalu, Tai Tzu Ying.


Sejauh ini, Gregoria tercatat sudah 5 kali bertarung melawan Tai Tzu Ying, yang ironisnya semua berakhir dengan kekalahan. Tahun 2019 lalu kedua pemain berjumpa sebanyak 4 kali, yakni di Piala Sudirman, Japan Open, Korea Open, dan Fuzhou China Open. Dari seluruhnya, Gregoria menelan kekalahan dua set langsung.

Adapun dalam kejuaraan All England tahun lalu, Gregoria takluk pada babak pertama (32 besar) oleh pemain unggulan asal Jepang, Nozomi Okuhara, lewat duel straight game.

Daftar Unggulan Tunggal Putri di All England 2020
  • Chen Yu Fei (Cina) / unggulan-1
  • Tai Tzu Ying (Taiwan) / unggulan-2
  • Akane Yamaguchi (Jepang) / unggulan-3
  • Nozomi Okuhara (Jepang) / unggulan-4
  • Ratchanok Intanon (Thailand) / unggulan-5
  • Pusarla V. Sindhu (India) / unggulan-6
  • He Bing Jiao (Cina) / unggulan-7
  • Carolina Marin (Spanyol) / unggulan-8

Baca juga artikel terkait ALL ENGLAND 2020 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Oryza Aditama
Penulis: Oryza Aditama
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight