Drawing Indonesia Masters 2020: Momota Absen, Peluang Tunggal Putra

Oleh: Oryza Aditama - 13 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Indonesia Masters 2020 bakal digelar tanpa keikutsertaan tunggal putra peringkat 1 dunia, Kento Momota.
tirto.id - Turnamen badminton Indonesia Masters 2020 bakal digelar tanpa keikutsertaan tunggal putra peringkat 1 dunia, Kento Momota. Absennya Momota membuka peluang bagi para pebulutangkis tunggal putra Indonesia untuk meraih hasil terbaik.

Momota sedari awal memang memutuskan mundur dari Indonesia Masters 2020 karena masalah kebugaran akibat padatnya jadwal. Kecelakaan lalu lintas yang Momota alami di Malaysia menambah kuat kemungkinan tersebut.

Absennya Momota dari ajang Indonesia Masters 2020 tentu mempengaruhi peta persaingan menuju tangga juara di sektor tunggal putra. Seperti diketahui, pemain yang tahun lalu berhasil memborong 11 trofi juara tersebut kerap mendominasi semua kejuaraan yang ia ikuti.

Meskipun demikian, tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting memiliki pendapat lain. Pemain unggulan-7 tersebut menganggap, mundurnya Momota justru bakal membuka persaingan lebih ketat dari pemain lainnya.

"Saya berharap Momota tidak ada cedera yang serius atau hal lain. Tanpa kehadiaran Momota bukan berarti persaingan berkurang karena yang lain juga mau buktikan, apalagi di tunggal putra persaingan ketat, semuanya excited," ujar Ginting dalam jumpa pers jelang Indonesia Masters 2020, dikutip dari laman PBSI, Senin (13/1/2020).

Di babak pertama (32 besar) turnamen berhadiah total 400.000 dolar AS ini, Ginting akan menerima tantangan dari pemain India, Parupalli Kashyap. Ditinjau dari rekor head to head, Ginting memiliki catatan sempurna terhadap sang rival. Dari lima kali pertarungan, Ginting selalu menang atas Parupalli.

Selain Ginting, tuan rumah masih memiliki 3 wakil lain di sektor tunggal putra. Menariknya, dari hasil drawing seluruh tunggal putra Indonesia mesti menghadapi para pemain India di babak 32 besar.


Jonatan Christie yang menduduki unggulan-6 ditantang Prannoy H. S. Pemain senior Tommy Sugiarto melawan Sameer Verma. Dan tunggal putra peringkat 20 dunia, Shesar Hiren Rhustavito, menghadapi Kidambi Srikanth.

Dalam catatan rekor pertemuan, Shesar unggul 2-0 atas Srikanth, Jonatan imbang 2-2 dengan Prannoy, dan Tommy tertinggal 1-2 dari Verma.

Indonesia Masters 2020 digelar mulai hari Selasa (14/1/2020) besok, sampai hari Minggu (19/1/2020), di Istora Senayan, Jakarta. Turnamen ini masuk dalam kategori BWF World Tour Super 500.

Hasil drawing
Tunggal Putra Tuan Rumah di Indonesia Masters 2020:
  • [Tunggal Putra] Jonatan Christie vs Prannoy H. S (India)
  • [Tunggal Putra] Anthony Sinisuka Ginting vs Parupalli Kashyap (India)
  • [Tunggal Putra] Tommy Sugiarto vs Sameer Verma (India)
  • [Tunggal Putra] Shesar Hiren Rhustavito vs Kidambi Srikanth (India)

Baca juga artikel terkait INDONESIA MASTERS 2020 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Oryza Aditama, Oryza Aditama
Penulis: Oryza Aditama
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight