Drakor dengan Tema Supernatural, Selain 'The Game: Towards Zero'

Oleh: Maria Ulfa - 24 Januari 2020
Dibaca Normal 2 menit
Selain drama The Game: Towards Zero, sejumlah drakor yang juga memiliki tema supernatural adalah Hotel Del Luna, Item dan lain-lain.
tirto.id - Industri hiburan Korea Selatan tidak hanya menyajikan drama Korea (drakor) dengan tema dan genre romantis, tetapi juga tema beragam, dan salah satunya adalah drakor dengan tema supernatural atau kekuatan gaib.

Salah satu drama dengan tema supernatural adalah The Game: Towards Zero yang episode perdananya mulai tayang Rabu (22/1/2020) lalu di MBC. Selain drama The Game: Towards Zero, sejumlah drakor yang juga memiliki tema supernatural di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Hotel Del Luna (2019)

Hotel Del Luna bercerita tentang Jang Man Wol (yang diperankan oleh IU), pemilik hotel yang pernah melakukan kesalahan besar pada masa lalu. Bersamaan dengan mengurus hotel tersebut, Jang Man Wol juga sedang menyelesaikan masa hukumannya.

Goo Chan Sung merupakan seorang manajer di sebuah hotel elite. Goo Chan Sung tampak tenang dan rasional, tetapi pada kenyataannya, dia adalah laki-laki yang memiliki jiwa rapuh dan juga penakut.

Berkat sifat perfeksionisnya, karier Goo Chan Sung melejit dan menjadi wakil manajer termuda di grup hotel multinasional.

Semuanya berjalan lancar, hingga akhirnya muncul sebuah peristiwa yang tidak terduga, Goo Chan Sung terpaksa menjadi manajer di hotel Del Luna dan ia harus menyambut dan melayani tamu yang ternyata merupakan para hantu.

  • Item (2019)

Drama Item mengisahkan tentang seorang jaksa bernama Kang Gon (Ju Ji Hoon) dan profiler Shin So Young (Jin Se Yeon). Mereka menggali rahasia dan kejahatan orang-orang yang ternyata memiliki benda berkekuatan supernatural, hal tersebut dilakukan demi melindungi orang-orang yang mereka kasihi.

Kang Gon adalah jaksa penuntut di kantor Kejaksaan Seoul. Demi menyelamatkan keponakannya Kang Da In (Shin Rin Ah), Kang Gon harus mempertaruhkan segalanya pada item atau benda-benda yang memiliki kekuatan dan rahasia tersembunyi.

Shin So Young sendiri adalah profiler berbakat, setelah menghadapi kasus pembunuhan misterius, ia bertemu dengan Kang Gon dan akhirnya bekerja sama untuk menyelidiki kejahatan yang mengelilingi benda-benda dengan kekuatan supernatural.

Kejahatan tersebut sepertinya berasal dari Jo Se Hwang (Kim Kang Woo), seorang CEO Hwa Won Group yang memiliki hobi untuk mengumpulkan benda-benda dengan kekuatan supranatural. Ia mengumpulkan benda-benda tersebut dengan kekayaan serta kemampuannya, dan ia akan membunuh siapa saja yang berani menghalanginya.

Drama ini diadaptasi dari webtoon populer dengan judul yang sama dan ditulis oleh Min Hyung dan ilustrator Kim Joon Seok yang dimuat sejak 26 Maret 2017 di Comic Kakao.

  • He is Psychometric (2019)

He is Psychometric berkisah tentang Yi Ahn yang diperankan oleh Jinyoung GOT7 sebagai anak muda yang memiliki kemampuan supranatural. Yi Ahn mampu mengetahui rahasia terdalam dari setiap orang yang disentuhnya.

Ketika menyentuh seseorang, Yi Ahn akan melihat ingatan dari orang tersebut dan ia mengaku bisa mengetahui segala sesuatu tentang orang lain hanya dalam waktu tiga detik.

Akan tetapi, tidak seperti karakter yang memiliki kemampuan supranatural, Yi Ahn tidak bisa mengontrol kekuatannya sendiri, bahkan ia cenderung kikuk. Selain itu, pengetahuan Yi Ahn juga terbatas, dan cara-cara yang ia gunakan justru menghambat pergerakannya sendiri.

Di sisi lain, seorang gadis bernama Yoon Jae In (Shin Ye Eun) adalah anak yang memiliki banyak rahasia di masa lalu, dan ia ingin menyembunyikan luka emosi dan masa lalu yang menyakitkan yang pernah ia alami.

Akan tetapi, usaha Jae In untuk tampil kuat dan berani diperumit oleh Yi Ahn yang memiliki kemampuan untuk mengungkap rahasia orang lain dalam beberapa detik saja.

Drama ini menawarkan jalan cerita yang menarik, He is Psychometric tidak hanya memiliki genre thriller yang melibatkan misteri dan investigasi menarik, tetapi juga akan menampilkan sisi romantis dari kedua pemeran utamanya.

  • Let’s Fight Ghost (2016)

Drama ini menceritakan tentang Hyun Ji (Kim So Hyun), seorang pelajar yang kini menjadi seorang hantu di usianya 19 tahun. Hyun Ji sendiri telah berkeliaran dan menjadi hantu gentayangan selama beberapa tahun.

Suatu hari, Hyun Ji bertemu dengan Park Bong Pal (TaecYeon), seseorang mahasiswa yang bisa melihat hantu dan pekerjaan sampingannya adalah mengusir para hantu tersebut.

Setelah pertemuan tersebut, Hyun Ji dan Park Bong Pal akhirnya bekerja sama, dan mereka juga sering mendengarkan sejumlah cerita dari para hantu yang mereka temui dan mengirim para hantu tersebut ke alam lainnya.

Drama ini diadaptasi dari webtoon berjudul sama yang ditulis oleh Im In Seu dan dipublikasikan lewat Naver sejak 2007 hingga tahun 2015.

  • The Master’s Sun (2013)

Drama ini menceritakan tentang Tae Gong Shil (Gong Hyo Jin) yang beberapa tahun lalu pernah terlibat kecelakaan. Sejak kecelakaan tersebut, Gong Shil mulai bisa melihat dan mendengar hantu. Akibatnya, Gong Shil yang belum terbiasa sering merasa takut setiap hantu-hantu itu muncul di hadapannya.

Sementara itu, Joo Joong Won (So Ji Sub) merupakan CEO dari sebuah shopping mall terkenal bernama Kingdom. Joo Joong Won adalah tipe orang sombong dan sangat perhitungan, yang ia pedulikan selama ini hanyalah uang dan keuntungan.

Suatu hari, secara tidak sengaja, Gong Shil bertemu dengan Joo Joong Won. Gong Shil merasa terkejut setelah tahu, jika ia bersentuhan atau berdekatan dengan Joo Joong Won, para hantu yang mengikutinya akan menghilang dengan sendirinya.

Oleh karena itu, untuk mengatasi rasa takutnya, Gong Shil berusaha mendekati Joo Joong Won, apa pun caranya.


Baca juga artikel terkait DRAMA KOREA atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Film)

Kontributor: Maria Ulfa
Penulis: Maria Ulfa
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight