DPR Terima Surpres Panglima TNI dari Pemerintah Sore Hari Ini

Reporter: Irfan Amin, tirto.id - 28 Nov 2022 09:55 WIB
Indra memastikan penyerahan surpres pergantian Panglima TNI hari ini akan diterima langsung Puan Maharani dan pimpinan DPR lainnya.
tirto.id - Penyerahan surat presiden (Surpres) pergantian Panglima TNI akan diserahkan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno kepada Ketua DPR Puan Maharani, Senin (28/11/2022) hari ini.

"Untuk penyampaian Surpres Calon Panglima TNI akan disampaikan langsung oleh Mensesneg dijadwalkan hari pukul 16.00 WIB," kata Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar saat dihubungi Tirto pada Senin (28/11/2022).

Sebelumnya, Puan Maharani pekan lalu melakukan lawatan ke Phnom Penh, Kamboja sehingga penyerahan surpres harus ditunda pada pekan ini. Indra memastikan penyerahan surpres hari ini akan diterima langsung Puan Maharani dan pimpinan DPR lainnya.


"Akan diterima langsung ketua DPR dan pimpinan lainnya," jelasnya.

Dirinya enggan menyebut siapa nama yang tercantum dalam Supres. Indra meminta publik bersabar dan mendengarkan langsung pengumuman dari Puan Maharani.

Penyampaian Surpres sendiri sempat tertunda beberapa kali. Pada mulanya diagendakan Rabu (23/11/2022) yang disampaikan oleh Pratikno telah disiapkan Surpres untuk dikirim ke DPR kemudian tertunda.

Hingga akhirnya pada Kamis (24/11/2022), Indra Iskandar menginformasikan bahwa pada hari ini Supres akan diterima secara resmi, setelah menunggu kedatangan Puan Maharani.

Sebelumnya, sejumlah pihak telah mendesak pemerintah agar segera mengirimkan Surpres. Salah satunya dari Komisi Pertahanan DPR RI dari Fraksi PDIP TB Hasanuddin. Dia mendesak pemerintah segera mengirim Surpres calon panglima TNI dilakukan secepatnya sebelum masa reses berlangsung.

"Prediksi kami sebelum reses atau sebelum tanggal 15 Desember 2022 sudah harus ada jadwal uji kelayakan untuk calon Panglima TNI yang baru," kata TB Hasanuddin.


Baca juga artikel terkait SURPRES PANGLIMA TNI atau tulisan menarik lainnya Irfan Amin
(tirto.id - Politik)

Reporter: Irfan Amin
Penulis: Irfan Amin
Editor: Bayu Septianto

DarkLight