DPR Setujui Anggaran Kemhan Tahun 2020 Sebesar Rp126,5 Triliun

Oleh: Riyan Setiawan - 19 Juni 2019
Salah satu kebutuhan utama Kementerian Pertahanan pada 2020 nanti adalah program bela negara.
tirto.id - DPR-RI telah menyetujui anggaran yang diajukan Kementerian Pertahanan (Kemhan) untuk tahun 2020 sebesar Rp125,6 triliun. Hal ini terungkap setela Komisi I DPR-RI menggelar rapat kerja bersama Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

"Anggaran kita ajukan Rp126,5 triliun untuk 2020, dan alhamdulilah disetujui oleh Komisi I [DPR-RI]," ungkap Sekjen Kemhan, Agus Setiadji, di Kompleks DPR-RI, Senayan, Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Agus menambahkan, anggaran yang diajukan Kemhan untuk 2020 juga telah disetujui oleh Kementerian Keuangan. Jumlah anggaran Kemhan untuk tahun depan bertambah Rp17,5 triliun dari anggaran tahun ini.

Salah satu kebutuhan Kemhan untuk 2020 nanti adalah program bela negara. "Untuk di Kemhan otomatis sesuai prioritas kita adalah untuk bela negara," ungkap Agus.

Pada kesempatan yang sama, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga memaparkan sejumlah kebutuhan yang diperlukan Kemhan ke depan. Dana sebesar Rp1,9 triliun, ucapnya, digunakan untuk pengembangan organisasi baru yaitu Kopsus TNI.


Modernisasi alutsista, non-alusista, serta sarana dan prasarana (sarpras) Angkatan Darat dibutuhkan Rp3,4 triliun. Untuk kebutuhan yang sama bagi Angkatan Laut, lanjut Hadi, dijatah sebesar Rp2,8 triliun, sedangkan Angkatan Udara memperoleh Rp3,9 triliun.

Panglima TNI juga mengungkapkan bahwa untuk anggaran tahun ini sudah terserap sebesar 50 persen sampai 60 persen hingga pertengahan bulan Juni 2019.

Baca juga artikel terkait ANGGARAN KEMHAN 2020 atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Politik)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Iswara N Raditya