DPR Sahkan RUU Haluan Ideologi Pancasila Jadi Usulan Inisiatif DPR

Oleh: Haris Prabowo - 12 Mei 2020
RUU Haluan Ideologi Pancasila disahkan sebagai RUU inisiatif DPR pada sidang paripurna, Selasa (11/5/2020) sore bersama RUU Minerba dan Perppu Corona.
tirto.id - Rapat paripurna DPR RI mengesahkan Haluan Ideologi Pancasila menjadi RUU Usulan Inisiatif DPR RI, Selasa (12/5/2020) sore. Pengesahan itu setelah DPR juga mengesahkan RUU Minerba dan Perppu No. 1 Tahun 2020 Tentang Penanganan COVID-19 menjadi undang-undang.

Rapat paripurna dipimpin oleh Ketua DPR RI Puan Maharani, didampingi tiga wakil ketua Rachmat Gobel, Sufmi Dasco Ahmad, dan Azis Syamsuddin.

Sebelumnya, Haluan Ideologi Pancasila merupakan RUU Usulan Badan Legislasi (Baleg) DPR RI. Dengan dibahas di dalam rapat paripurna, RUU itu akan berubah menjadi RUU Usul Inisiatif DPR RI dan masuk ke pembahasan menuju undang-undang.

"Tiba saatnya saya menanyakan kepada anggota dewan terhormat, apakah pendapat fraksi-fraksi atas usulan legislasi terhadap RUU Usul Badan Legislasi DPR RI, tentang Haluan Ideologi Pancasila, dilanjutkan dengan pengambilan keputusan menjadi RUU Usul DPR RI?" kata Puan sore itu.

"Apakah dapat disetujui menjadi RUU Usulan DPR RI? Setuju?"

"Setuju," kata semua anggota serempak. Puan mengetuk palu.

"Terima kasih. Selanjutnya terhadap seluruh Rancangan UU akan ditindaklanjuti sesuai mekanisme yang berlaku," kata Puan.

Sebelumnya, RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) adalah RUU inisiatif DPR RI dengan pengusul Anggota Badan Legislasi DPR RI (Baleg), yang termasuk dalam RUU Prioritas tahun 2020 dalam Prolegnas 2020-2024.

RUU ini diharmonisasi dan Baleg DPR telah membentuk Panitia Kerja (Panja) RUU HIP.

RUU HIP telah selesai dibahas di tingkat Panja, dan pada tanggal 22 April 2020 telah dibahas di dalam Rapat Pleno Baleg DPR RI. Hasilnya kemudian dibawa ke dalam Rapat Badan Musyawarah DPR RI (Bamus) hingga akhirnya disahkan sebagai RUU Inisiatif DPR dalam Rapat Paripurna DPR RI pada hari ini.


Baca juga artikel terkait RUU PANCASILA atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Restu Diantina Putri
DarkLight