DPR Bakal Pakai GeNose saat Sidang Tahunan 16 Agustus

Oleh: Alfian Putra Abdi - 10 Agustus 2021
Alat pedeteksi COVID memakai metode napas, GeNose, bakal dipakai untuk syarat masuk ke gedung DPR, MPR dan DPD mulai 16 Agustus.
tirto.id - Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Indra Iskandar mendorong penggunaan GeNose C19 sebagai alat deteksi bagi orang yang masuk ke gedung DPR, MPR, dan DPD.

Ia menilai penggunaan GeNose akan membantu petugas keamanan gedung melakukan pemeriksaan terhadap para tamu parlemen.

"Selain tes swab antigen, kami menggunakan GeNose yang lebih efektif dan praktis, sehingga, metode pengamanannya, protokol kesehatannya, menjadi berlapis," ujar Indra, Selasa (10/8/2021).

Sementara di DPR, menurut Indra, GeNose akan mulai berlaku sejak 16 Agustus 2021 saat sidang Tahunan MPR dan Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo dan Sidang Paripurna DPR tentang RAPBN.

"Apalagi, GeNose juga penggunaannya instan, sederhana user friendly, hanya butuh beberapa menit. Mitra-mitra kami yang antigennya sudah expired date, bisa segera menggunakan GeNose di lokasi," ujarnya.

GeNose merupakan alat deteksi Covid-19 yang dibuat oleh Universitas Gadjah Mada (UGM). Sempat dipakai di stasiun dan bandara. Setelah ada Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), GeNose tidak lagi digunakan sebagai syarat perjalanan.

Dalam sidang tahunan DPR, MPR dan DPD akan dihadiri secara fisik 60 orang, termasuk kepala negara dan menteri koordinator serta pimpinan lembaga legislatif. Sisanya terdapat ratusan orang akan hadir secaara virtual. Para mantan presiden dan wakil presiden juga diundang hadir secara virtual.



Baca juga artikel terkait DPR RI atau tulisan menarik lainnya Alfian Putra Abdi
(tirto.id - Politik)

Reporter: Alfian Putra Abdi
Penulis: Alfian Putra Abdi
Editor: Zakki Amali
DarkLight