Download Kisi-Kisi Soal SKB CPNS 2020 untuk 231 Jabatan

Oleh: Yantina Debora - 31 Agustus 2020
Dibaca Normal 1 menit
Download kisi-kisi soal SKB CPNS formasi 2019 yang akan digelar mulai 1 September 2020.
tirto.id - Kisi-kisi atau materi pokok soal seleksi kompetensi bidang (SKB) calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang digelar mulai 1 September 2020 didasarkan pada Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor:B/750/M.SM.01.00/2020.

Dikutip dari Surat Menpan RB tersebut, materi pokok untuk posisi administrator database kependudukan ahli pertama tentang materi terkait kehidupan bernegara dan bermasyarakat, dasar negera dan undang-undang.

Selanjutnya Materi tentang pemerintah pusat dan daerah, administrasi kependudukan dan pencatatan sipil yang bersifat umum. Kisi-kisi lainnya tentang materi pengetahuan komputer yang bersifat umum.

Kisi-kisi soal SKB untuk posisi Administrator Kesehatan Ahli yakni tentang kebijakan jaminan kesehatan nasional, SDGs bidang kesehatan, sistem kesehatan nasional hingga tentang perilaku hidup bersih dan sehat.

Bagi peserta SKB CPNS yang memilih lowongan Analis Anggaran Ahli Pertama, kompetensi teknis yakni analisa pembiayaan APBN, dasar pendanaan pemerintah daerah, faktor yang mempengaruhi APBN.

Kisi-kisi selanjutnya, ketentuan umum perimbangan keuangan antara pemerintah dan pemerintah daerah, pengelolaan investasi, pengelolaan piutang dan utang serta pengelolaan uang negara.

Kisi-kisi soal bagi formasi Pekerja Sosial Ahli Pertama yakni hari peringatan dalam pembangunan kesejahteraan sosial, lembaga kesejahteraan sosial di bawah PBB, pelayanan kesejahteraan sosial.

Selenjutnya pengertian dalam pekerjaan sosial dan pembangunan kesejahteraan sosial, kelembagaan pemerintah dan program kesejahteraan sosial serta masalah sosial.

Bagi Anda yang memilik jabatan Peneliti Ahli Muda, kisi-kisi soal SKB CPNS tahun ini tentang etika peneliti dan penelitian. Pengenalan jurnal ilmiah dan e-journal, kekayaan intelektual dan konsep dasar kekayaan interlektual.

Kisi-kisi lainnya, landasan penelirian, proposal dan rancangan penelitian, pengumpulan dan penelusura data penelitian berdasarkan kaidah ilmiah, analisa dara dan interpretasi.

Berikut link kisi-kisi soal SKB CPNS 2020 untuk 231 jabatan. Dowload lewat link ini.

"Bagi jabatan yang belum ada, bisa menyesuaikan dengan rumpun jabatan yang sama," tulis Kemenpan RB.

Peserta yang mengikuti SKB CPNS 2020 wajib untuk mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebagaimana yang tercantum dalam Surat Edaran Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor:17/SE/VII/2020.


Baca juga artikel terkait CPNS 2020 atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH
DarkLight