Download Aplikasi Zoom untuk Laptop: Cara Daftar dan Tarif Layanan

Oleh: Ibnu Azis - 1 Oktober 2021
Dibaca Normal 1 menit
Ketahui cara daftar Zoom berbayar jika berlangganan Enterprise Plus. Bedanya dengan versi gratis? Berikut ini penjelasannya.
tirto.id - Cara daftar Zoom berbayar perlu diketahui oleh mereka yang ingin berlangganan paket Enterprise Plus. Namun, ada pula versi gratis atau tanpa biaya.

Aplikasi meeting Zoom adalah salah satu aplikasi konferensi video atau video call populer selama periode work from home seturut imbauan physical distancing dari pemerintah kepada masyarakat.

Aplikasi Zoom untuk laptop dapat di-download di laman resminya atau dengan mengklik link yang dibagikan saat menerima undangan untuk video konferensi.

Download Aplikasi Zoom


Zoom Client for Meetings untuk laptop dengan sistem operasi Windows berkapasitas 'mentah' sekitar 10MB yang dapat di-download melalui tautan ini.

Bagaimana untuk download dari link undangan?

Biasanya mereka yang mengundang untuk konferensi video akan mengirimkan link undangan itu ke partisipan yang diajak.

"Join Zoom Meeting https://us04web.zoom.us/j/XXX Meeting ID: 123 456 789 Password: 123456," isi pesan itu.

Klik tautan itu untuk memulai men-download Zoom kemudian instal lalu masukan ID dan password untuk bergabung dalam konferensi video itu.


Cara Daftar dan Tarif Layanan


Aplikasi Zoom untuk laptop gratis di-download termasuk penggunaannya. Akan tetapi, ada perlu aksi registrasi bila ingin mengelola secara advance bukan sekadar bergabung dalam konferensi video, sebagai host, misalnya.

Salah satu keunggulan Zoom yaitu mendukung hingga 1.000 partisipan. Artinya, konferensi video dapat dilakukan bersama 1.000 orang sekaligus.

Namun, fitur itu hanya didukung oleh mereka yang berlangganan paket Enterprise Plus yang dibanderol dengan tarif mulai 19,99 dolar per bulan.

Zoom juga menawarkan paket gratis tetapi dengan keterbatasan, macam partisipan maksimal 100 orang, untuk group meeting maksimal 40 menit, dan hal-hal yang dibatasi lainnya.

Meski begitu, layanan Zoom gratisan sudah cukup untuk mendukung work from home lantaran konferensi video yang dihadirkan sudah mendukung resolusi HD termasuk suara atau voice, dapat direkam, multi platform baik di PC/laptop maupun ponsel, screen share, termasuk keamanan enskripsi SSL.


Berikut langkah-langkah mendaftar Zoom yang diposisikan bahwa pengguna memilih layanan gratisan:

  1. Buka laman Zoom kemudian klik pilih kolom "Free" lalu klik "Sign up, It's Free"
  2. Jika ingin memilih layanan Pro, Business, atau Enterprise, silakan klik kolom lainnya
  3. Registrasi bisa menggunakan email, akun Google atau Facebook, pilih salah satu
  4. Setelah proses registrasi selesai lalu akan dibawa ke laman dashboard Zoom
  5. Selesai

Setelah mengunduh dan instal, pengguna kemudian login menggunakan akun yang telah didaftarkan sebelumnya. Pastikan rekan-rekan kerja telah mengunduh Zoom sebelum memulai konferensi video.

Di laman dashboard, Zoom akan menampilkan sejumlah menu, seperti penjadwalan rapat, rekaman rapat, template rapat, pengaturan host, dan lain sebagainya.

Ada pula menu tutorial bagi mereka yang baru mengenal dan menggunakan Zoom. Untuk melihat daftar harga paket Zoom selengkapnya termasuk fitur masing-masing paket itu dapat mengunjungi laman ini.


Baca juga artikel terkait ZOOM atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight