Dolar Menguat Terhadap Rupiah, Wiranto: Pemerintah Tak Usah Didesak

Oleh: M. Ahsan Ridhoi - 5 September 2018
Dolar AS hampir capai level Rp15.000 pada hari ini.
tirto.id - Menkopolhukam Wiranto menyatakan pemerintah terus berupaya melakukan stabilitas nilai rupiah terhadap dolar AS yang kini sudah mencapai sekitar Rp15.000.

"Pemerintah enggak usah didesak-desak ya, pemerintah itu kan tahu apa yang dihadapi, kami juga tahu apa yang seharusnya dilakukan," kata Wiranto, di Kompleks DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (5/9/2018).

Mantan Panglima TNI di akhir masa Orde Baru ini menyatakan setiap sidang kabinet dan rapat terbatas bidang ekonomi perkara stabilitas nilai rupiah dan perekonomian Indonesia selalu menjadi pembahasan utama.

"Walau memang tidak bisa kami pungkiri pengaruh ekonomi global sangat kuat sekali. Tapi tentunya pemerintah selalu ingin kita mampu mengatasi masalah-masalah yang diakibatkan ekonomi global itu," kata Wiranto.

Namun, saat diminta menjelaskan lebih detil hasil pembahasan rapat kabinet tersebut, Wiranto menyatakan itu akan disampaikan oleh menteri-menteri di bidang ekonomi.

Rupiah dalam beberapa waktu terakhir terus mengalami penurunan. Tadi malam, nilai tukar dolar AS menyentuh angka 15.000 untuk beberapa saat. Pagi ini per pukul 11 sudah menguat menjadi Rp 14.959.

Kondisi ini menjadi lahan kritik dari berbagai pihak kepada pemerintah. Salah satunya dari bakal cawapres Sandiaga Uno yang menyatakan penurunan nilai rupiah bisa berakibat pada kelangkaan lapangan kerja. Sehingga, menurutnya, pemerintah wajib segera mengambil langkah konkret untuk mengatasinya.


Baca juga artikel terkait NILAI TUKAR atau tulisan menarik lainnya M. Ahsan Ridhoi
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: M. Ahsan Ridhoi
Penulis: M. Ahsan Ridhoi
Editor: Yantina Debora