Doa Malaikat Tuhan Katolik Jam 12 Siang, Sore, Pagi, dan Tujuannya

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 16 Februari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Doa Malaikat Tuhan Katolik yang dipanjatkan jam 12 siang, sore, pagi, dan tujuannya.
tirto.id - Umat Katolik mengenal Doa Malaikat Tuhan atau Doa Angelus yang biasanya didoakan tiga kali dalam sehari. Dilansir dari situs web Paroki Jetis, nama “Doa Malaikat Tuhan” diambil dari kata pertama di dalam doa tersebut yang dalam bahasa Latin: Angelus Domini nuntiavit Mariae atau Malaikat Tuhan menyampaikan kabar kepada Maria.

Dalam satu hari Doa Malaikat Tuhan ini dilakukan sebanyak 3 (tiga) kali. Meskipun pengucapannya sama, tetapi maksud dan tujuannya berbeda, sesuai dengan waktu doa. Ada tiga tujuan dari Doa Angelus, yaitu:

1. Doa Malaikat Tuhan di pagi hari: menghormati kebangkitan Kristus yang telah bangkit dan bersama Kristus umat Katolik memulai dari dengan semangat kebangkitan.

2. Doa Malaikat Tuhan siang hari: menghormati sengsara Kristus saat di tengah pekerjaan kita yang berat, agar umat Katolik senantiasa ingat Kristus yang telah berkorban bagi manusia.

3. Doa Malaikat Tuhan sore hari: bertujuan agar umat Katolik senantiasa menghormati Inkarnasi Allah menjadi manusia. Terlebih saat hendak beristirahat, agar umat selalu ingat bahwa Allah selalu tinggal beserta umatnya.

Dalam doa ini, biasanya satu orang akan mengucapkan suatu kalimat dan yang lain memberikan tanggapan. Banyak keluarga Katolik yang mendaraskan doa ini setiap hari dalam tiga kali.

Di Indonesia, sejak puluhan tahun lalu, bila mendengar lonceng Angelus berbunyi, umat langsung meninggalkan segala kesibukannya untuk sejenak memanjatkan doa tersebut.

Berikut ini isi Doa Angelus:

Maria diberi kabar oleh malaikat Tuhan, bahwa ia akan mengandung dari Roh Kudus.

Salam Maria …

Aku ini hamba Tuhan, terjadilah padaku menurut perkataanmu.

Salam Maria ….

Sabda sudah menjadi daging, dan tinggal di antara kita.

Salam Maria ….

Doakanlah kami, ya Santa Bunda Allah, supaya kami dapat menikmati janji Kristus.

Ya Allah, karena kabar malaikat kami mengetahui bahwa Yesus Kristus Putra-Mu menjadi manusia; curahkanlah rahmat-Mu ke dalam hati kami, supaya karena sengsara dan salib-Nya, kami dibawa kepada kebangkitan yang mulia. Sebab Dialah Tuhan, pengantara kami. Amin.

Dilansir Legio Maria Senatus Bejana Rohani, Doa Malaikat Tuhan ini dapat dilakukan pada pukul 06.00 (pagi), 12.00 (siang), dan 18.00 (sore).


Baca juga artikel terkait DOA MALAIKAT TUHAN atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight