DKI Bakal Berikan Bansos Pangan untuk Warga yang Isolasi Mandiri

Oleh: Riyan Setiawan - 9 September 2021
Dibaca Normal 1 menit
Bansos pangan berupa sembako akan diberikan selama 14 hari.
tirto.id - Dinas Sosial (Dinsos) DKI akan memberikan bantuan sosial (Bansos) berupa kebutuhan pangan untuk warga Jakarta yang melakukan isolasi mandiri akibat terpapar virus Corona.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Dinsos DKI, Premi Lasari dalam diskusi daring bertajuk "Isolasi Mandiri di Masa Pandemi".

"Dinsos memberikan dukungan bagi para pasien isolasi mandiri," kata Premi, Kamis (9/9/2021).

Premi mengatakan, pengajuan bansos untuk keluarga atau tetangga yang isolasi mandiri di bawah pengawasan Puskesmas, akan mendapatkan sembako selama 14 hari.

Bansos sembako yang akan diberikan kepada warga yang sedang isoman terdiri dari beras 20 kg, 1 dus mie instan isi 40 bungkus, ikan kaleng ukuran 55 gram sebanyak 7 kaleng, minyak goreng 2 liter dan biskuit setara Khong Guan ukuran 650 gram sebanyak 1 kaleng.

Bila pasien COVID-19 isoman itu tidak mampu untuk memasak sendiri, Premi mengimbau agar warga tersebut segera lapor kepada lurah setempat.

"Nanti akan dibantu dengan makanan siap saji yaitu dapur umum yang dibuat oleh suku dinas di Provinsi DKI Jakarta," ucapnya.

Premi menjelaskan cara mendapatkan bansos bagi pasien isolasi mandiri, pasien dapat melapor kepada RT/RW setempat dan menyertakan surat keterangan dari puskesmas bahwa yang bersangkutan melakukan isolasi mandiri. Premi juga mengimbau apabila warga menemukan tetangga atau keluarga yang sedang menjalani isolasi mandiri, dapat melaporkan langsung ke RT/RW.

Kemudian RT/ RW akan melaporkan kepada Lurah setempat. Lalu, Lurah akan bersurat kepada dinas sosial.

Setelah disetujui, lurah akan langsung menerima bansos tersebut dan memberikannya kepada keluarga yang menjalankan isolasi mandiri.

"Jadi mekanismenya cukup mudah," terangnya.


Baca juga artikel terkait ISOLASI MANDIRI atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Restu Diantina Putri
DarkLight