Djanur Tunjuk Ruben Sanadi Jadi Kapten Persebaya, Gantikan Rendi

Oleh: Hendi Abdurahman - 16 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Ruben Sanadi bakal menjadi kapten Persebaya untuk musim kompetisi 2019 menggantikan Rendi Irwan.
tirto.id - Pelatih Persebaya, Djadjang Nurjaman menegaskan bahwa Ruben Sanadi bakal menjadi kapten utama Bajul Ijo pada kompetisi musim 2019 menggantikan Rendi Irwan. Menurut Djanur—sapaan akrabnya—penunjukkan Ruben telah melalui pertimbangan yang matang.

Lebih lanjut, mantan pelatih PSMS dan Persib itu membeberkan alasannya dalam pemilihan tersebut. Selain memiliki jiwa kepemimpinan, syarat menjadi kapten versi Djanur yakni memiliki jumlah penampilan yang cukup.

“Ruben [Sanadi] sudah cukup lama bergabung dan saya punya perhitungan dia akan menjadi pemain inti. Karena salah satu syarat menjadi kapten adalah paling banyak tampil di tim. Ditambah lagi pengalamannya bersama Persebaya selama ini. Tetapi yang paling utama dia punya jiwa kepemimpinan,” ungkapnya seperti dikutip Goal.

Di sisi lain, Rendi Irwan akan dipilih sebagai kapten kedua. Hal itu dikarenakan sosok Rendi masih menjadi bagian penting tim. Apalagi, perpindahan ban kapten disebut Djanur tetap membutuhkan waktu.

“Rendi akan menjadi kapten kedua, karena di posisinya [gelandang] akan terjadi persaingan yang cukup sengit. Akan datang beberapa pemain dan mungkin juga pemain asing. Rendi harus berjuang keras mendapatkan posisisnya,” sebutnya.

Menanggapi penunjukkan dirinya menjadi kapten tim musim depan, Ruben pun merendah. Dikatakannya, meskipun terpilih sebagai kapten, mantan pemain Persipura itu mengaku membutuhkan bantuan dan kerjasama rekan-rekannya.

“Saya ucapkan syukur sama Tuhan. Ini bukan tanggung jawab yang mudah, semoga mereka bisa bantu saya dan kita bisa saling bantu. Ini bukan cuma soal ban kapten, karena di dalam tim kita harus sama-sama saling membantu. Itu yang paling penting, saya respek dengan semuanya,” ungkap Ruben.

Setelah dipilih menjadi kapten, Ruben mengungkapkan bahwa dirinya harus semakin memiliki rasa tanggung jawab. Ia juga berharap penampilan Persebaya untuk kompetisi mendatang semakin konsisten mengingat persaingan akan semakin berat.

“Saya rasa bukan karena saya orang asing di Surabaya, tetapi dengan adanya ban kapten di lengan saya rasanya ini tanggung jawab yang sangat besar untuk saya. Target pribadi yang penting kami konsisten musim ini karena banyak tim ini juga ingin juara.”



Baca juga artikel terkait LIGA 1 2019 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Hendi Abdurahman