Ditugasi Jokowi, Luhut Janji Bereskan Permasalahan Minyak Goreng

Reporter: Dwi Aditya Putra - 25 Mei 2022 09:09 WIB
Luhut berjanji akan membereskan masalah kelangkaan hingga menstabilkan harga minyak goreng di Indonesia.
tirto.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo untuk menangani permasalahan minyak goreng di Indonesia. Luhut berjanji akan membereskan masalah kelangkaan hingga menstabilkan harga minyak goreng.

"Saya hanya bantu saja, sekarang saya kira insyaallah akan beres tuh minyak goreng, yang penting kan selesai, yasudah," kata Luhut kepada wartawan saat ditemui di Jakarta Convention Center, Jakarta, Selasa (24/5/2022).

Luhut menyebut bahwa kebutuhan minyak goreng hari ini sudah mencukupi. Ia mengklaim harga minyak goreng di pasaran telah berangsur turun.

"Kita pastikan juga distribusi jalan, penyaluran jalan, pengawasan jalan oleh satgas pangan," imbuhnya.

Di samping itu, Luhut juga berencana mengaudit semua perusahaan sawit menyusul kelangkaan minyak goreng beberapa waktu lalu. Rencana audit tersebut paling cepat akan dilakukan pada Juni mendatang.

"Nanti kami audit semua kelapa sawit yang belum pernah sepanjang sejarah kami lakukan, luasnya berapa, suratnya, HGU-nya (Hak Guna Usaha), HPL (Hak Pengelolaan), statusnya supaya jelas," kata dia.

Pada saat yang sama, pemerintah juga akan mengaudit kantor perusahaan sawit. Dia akan melarang perusahaan sawit bermarkas di luar negeri agar pajak bisa masuk ke kas negara

"Harus di Indonesia, supaya pajaknya [masuk]," tegas Luhut.


Baca juga artikel terkait KENAIKAN HARGA MINYAK GORENG atau tulisan menarik lainnya Dwi Aditya Putra
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Dwi Aditya Putra
Penulis: Dwi Aditya Putra
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight