Ditemani Kaesang, Erick Thohir Resmi Daftar Calon Ketum PSSI

Reporter: Hanif Reyhan Ghifari, tirto.id - 15 Jan 2023 15:31 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Erick Thohir menyerahkan berkas pendaftaran calon ketua umum PSSI ditemani Baim Wong, Raffi Ahmad, Atta Halilintar hingga Kaesang Pangarep.
tirto.id - Menteri BUMN Erick Thohir resmi mendaftarkan diri maju sebagai calon Ketua Umum Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2023 – 2027. Berkas pendaftaran telah dimasukkan Erick Thohir ke Kantor PSSI di GBK Arena, Jakarta, pada Minggu (15/1/2023).

Usai mendaftar, Erick mengatakan tujuannya mereformasi PSSI yang sudah banyak dipegang oleh tangan–tangan kotor ataupun pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Demi PSSI yang bersih saya siap maju untuk menjadi Ketua Umum, agar menciptakan ekosistem dan pertumbuhan industri sepakbola nasional yang maju, agar masyarakat dapat dengan puas melihat kinerja PSSI di masa depan,” tutur Erick Thohir, di GBK Arena, Senayan, Jakarta, Minggu (15/1/2023).


Erick menuturkan butuh nyali yang besar untuk mereformasi organisasi sepak bola Indonesia agar bisa bersaing dengan negara lain.

“Sebuah nyali itu penting untuk mengemban tugas dalam mereformasi sepakbola Indonesia, hal ini harus dibuktikan dengan bersaing dengan negara lainnya, dan juga membuat Indonesia membuktikan diri di level kompetisi internasional,” ujar Erick.

Erick berjanji akan membenahi organisasi PSSI dari tangan–tangan kotor yang menghambat kemajuan sepak bola Indonesia.

Erick juga berjanji membenahi pembinaan usia muda yang pelaksanaannya kurang begitu baik, pengelolaan kompetisi liga yang semrawut, menjamin integritas dalam kompetisi serta mewujudkan industri sepak bola yang professional.

"Mencari 11 orang dari 270 juta rakyat Indonesia untuk membentuk tim nasional yang kompetitif tidak sulit jika semua hal itu kita benahi dengan benar. Tim nasional sebuah negara hanya sekuat kompetisi liganya. Liga yang kuat akan menghasilkan tim nasional yang kuat. Liga lemah, tim nasional lemah. Sekarang, sudah saatnya sepakbola kita naik kelas," tutur Erick.

Erick Thohir tak sendiri saat mengantarkan berkas pendaftaran calon ketua umum PSSI. Ia ditemani sejumlah pesohor seperti, Baim Wong, Raffi Ahmad, Atta Halilintar hingga Kaesang Pangarep.

Raffi Ahmad menilai sepak bola Indonesia akan maju jika Erick Thohir yang terpilih sebagai Ketua Umum PSSI. Ia mengklaim segudang pengalaman Erick Thohir yang sudah malang melintang di industri olahraga khususnya sepakbola menjadi modal besar untuk membenahi sepak bola Indonesia.


“Saya sangat mendukung Erick Thohir sebagai Ketum PSSI. Karena, pengalaman beliau di industri olahraga itu tidak main–main. Saya harap Erick Thohir bisa terpilih dan memajukan sepak bola melalui visinya,” ungkap Raffi Ahmad.

Dukungan Erick Thohir sebagai calon Ketum PSSI juga digaungkan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep.

“Saya dukung Pak Erick maju sebagai ketum, dan saya harap sepakbola di daerah bisa lebih diperhatikan oleh PSSI nantinya. Agar, bakat muda pesepakbola dari daerah bisa diterbitkan dan mampu memajukan timnas Indonesia,” pungkas Kaesang.


Baca juga artikel terkait BURSA CALON KETUA UMUM PSSI atau tulisan menarik lainnya Hanif Reyhan Ghifari
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Hanif Reyhan Ghifari
Penulis: Hanif Reyhan Ghifari
Editor: Bayu Septianto

DarkLight