Disney Produksi Film yang Terinspirasi dari Mitos Indonesia & Asia

Oleh: Adrian Samudro - 26 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Disney sudah mengirim tim untuk meneliti ke sejumlah negara seperti Indonesia, Thailand, dan Vietnam untuk mencari inspirasi budaya di negara-negara tersebut.
tirto.id - Disney mengumumkan proyek film animasi terbaru yang berjudul Raya and the Last Dragon. Film ini disebut terinspirasi dari negara-negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Hal ini disampaikan rumah produksi dari sejumlah film animasi seperti Frozen, Big Hero 6, dan Zootopia pada perhelatan D23 Expo akhir pekan lalu.

IGN melaporkan, Disney sudah mengirim tim untuk meneliti ke sejumlah negara seperti Indonesia, Thailand, dan Vietnam untuk mencari inspirasi dari budaya yang indah dan beragam di negara-negara tersebut.

Raya and the Last Dragon ditulis oleh penulis skenario film Crazy Rich Asians, Adele Lim. Kisahnya akan mengikuti karakter Raya yang disuarakan Cassie Stelee.

Raya adalah seorang pejuang tunggal dari kerajaan fantasi Kumandra. Dia bekerja sama dengan seseorang yang tampak canggung dalam usaha untuk menemukan naga terakhir dan membawa pencerahan serta persatuan kembali ke dunia mereka.

Awkwafina ditunjuk untuk mengisi suara Sisu, Naga Terakhir, yang ditinggalkan oleh naga-naga lain di bumi untuk berjaga-jaga jikalau kekuatan gelap kembali ke dunia.

Film ini akan diarahkan oleh debut sutradara Paul Briggs dan Dean Wellins, yang sebelumnya pernah menjadi Story Artist Disney untuk film Frozen dan Big Hero 6.

Raya and the Last Dragon disebut mengikut jejak film Moana yang juga menceritakan kisah asli berdasarkan mitos dan budaya dari wilayah tertentu.

Adele Lim pun sengaja dipilih Disney sebab ia lahir dan besar di Asia Tenggara, sehingga dipercaya untuk menulis cerita film ini agar bisa merepresentasikan budaya setempat sebaik mungkin, demikian ditulis ScreentRant.

Raya and the Last Dragon akan diproduseri oleh Osnat Shurer dan dijadwalkan tayang perdana pada 25 November 2020.

Film ini bukan satu-satunya animasi Disney yang akan dirilis tahun depan. Atas kerja samanya dengan Pixar, Disney juga telah mengungkap dua film baru yakni Onward dan Soul yang akan turut meramaikan perfilman animasi pada 2020.


Baca juga artikel terkait FILM ANIMASI atau tulisan menarik lainnya Adrian Samudro
(tirto.id - Film)

Kontributor: Adrian Samudro
Penulis: Adrian Samudro
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight