Disney Akan Menggarap Kembali Film Animasi Inspector Gadget

Oleh: Destri Ananda Prihatini - 11 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Inspector Gadget merupakan karakter kartun yang dibuat Bruno Bianchi, Jean Chalopin, dan Andy Heyward.
tirto.id - Disney mengumumkan akan mengembangkan kembali live-action dari serial animasi Inspector Gadget yang populer pada 1980-an. Dilansir dari Hollywood Reporter, perusahaan produksi film animasi terbesar di dunia itu telah memilih Mikey Day dan Streeter Seidell untuk menjadi penulis naskah film Inspector Gadget.

Mikey Day dan Streeter Seidell sebelumnya dikenal sebagai penulis naskah Saturday Night Live, program variety show komedi Amerika Serikat.

Sementara itu, seperti yang dilansir dari Collider, Dan Lin dan Jonathan Eirich dipilih sebagai produser untuk Inspector Gadget melalui pemberitahuan spanduk Rideback mereka. Sebelumya, mereka telah memproduseri remake live-action Aladdin, yang meraup pendapatan lebih dari satu miliar dolar AS di seluruh dunia.

Inspector Gadget merupakan karakter kartun yang dibuat Bruno Bianchi, Jean Chalopin, dan Andy Heyward. Film ini pertama kali hadir dalam bentuk serial animasi yang tayang perdana pada tahun 1983.

Gadget merupakan tokoh pengacara yang berwujud cyborg, setengah pria setengah lagi mesin dengan ribuan gadget berteknologi tinggi yang dipasang di tubuhnya.

Semua peralatan canggih itu digunakan Gadget dalam memberantas aksi kejahatan yang dilakukan Dr.Claw. Dr.Claw adalah pemimpin sindikat penjahat yang disebut MAD dan merupakan musuh utama Gadget.

Berkat kepopulerannya, Disney bersama DiC Entertainment kemudian mengadaptasi Inspector Gadget ke layar lebar menjadi film live-action yang rilis perdana pada 23 Juli 1999.

Proyek film Inspector Gadget yang menghabiskan biaya produksi 90 juta dolar AS itu mendatangkan pemasukan kotor sebesar 134,4 juta dolar AS dari seluruh dunia. Jumlah ini tidak terlalu bagus jika menyebutnya sebagai proyek yang untung.

Akhirnya, ketika film sekuelnya rilis empat tahun kemudian, biaya produksi dikurangi menjadi 12 juta dolar AS. Disney pun hanya mendistribusikannya melalui paket langsung ke rumah dalam bentuk kaset video dan DVD.

Dikutip dari IMDb, film pertama live-action dari Inspector Gadget disutradarai oleh David Kellog dan diperankan oleh Matthew Broderick sebagai Inspector Gadget dan Rupert Everett sebagai Dr. Claw.

Hingga kini, Disney belum memberitahukan kepada publik siapa yang menyutradarai film Inspector Gadget, begitu pula aktor yang akan memerankan karakter Inspector Gadget dan lainnya. Tanggal perilisan Inspector Gadget juga masih menjadi rahasia sampai saat ini.


Baca juga artikel terkait FILM ANIMASI atau tulisan menarik lainnya Destri Ananda Prihatini
(tirto.id - Film)

Kontributor: Destri Ananda Prihatini
Penulis: Destri Ananda Prihatini
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight