Diskon Black Friday Paling Banyak Dicari Konsumen dari Luar Jawa

Oleh: Yulaika Ramadhani - 23 November 2018
Dibaca Normal 1 menit
"Berdasarkan riset tentang jumlah penelusuran Black Friday melalui google, maka disimpulkan bahwa jumlah orang Indonesia yang menaruh perhatian dan mencari tahu tentang Black Friday."
tirto.id - Black Friday merupakan hari belanja dengan diskon besar-besaran yang terkenal di AS. Agenda ini dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk mengincar barang dari brand-brand tertentu, bahkan ada yang rela mendirikan tenda di sekitar toko demi mendapatkan barang incaran dengan harga yang paling murah.

Black Friday diselenggarakan sehari setelah Thanksgiving yaitu pada hari jumat di minggu keempat bulan November. Tahun ini Black Friday akan digelar pada 23 November 2018.

Black Friday bukan hanya menjadi budaya bagi orang Amerika, namun telah menjadi budaya global yang merambah di berbagai negara termasuk Indonesia.

Portal diskon tanah air CupoNation menganalisa atensi masyarakat Indonesia terhadap Black Friday. PR & Comunications Manager dari CupoNation Olivia Putri melalui rilis pers yang diterima Tirto pada Jumat (23/11/2018) menyatakan wilayah di Indonesia dengan volume penelusuran Black Friday terbanyak berasal mayoritas dari luar Pulau Jawa.

"Wilayah di Indonesia dengan volume penelusuran Black Friday terbanyak berasal dari Papua Barat, Bali, Nusa Tenggara Barat, Banten, Sulawesi Utara, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kepulauan Riau," katanya.

Jumlah pengguna internet di Indonesia tersebar luas dari berbagai wilayah. Hal ini, lanjut Olivia, menimbulkan kesenjangan dimana beberapa wilayah di Indonesia memiliki popularitas penelusuran yang lebih tinggi daripada wilayah lainnya.

Menurut CupoNation, jika dilihat dari data 2 tahun terakhir mulai tahun 2016 hingga 2017, maka volume penelusuran google tertinggi pada kata kunci Black Friday berdasarkan subwilayah berasal dari Papua Barat dan beberapa wilayah lain yang jika diurutkan adalah:
  • Papua Barat
  • Bali
  • Nusa Tenggara Barat
  • Banten
  • Sulawesi Utara
  • Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Kepulauan Riau

Olivia menambahkan, minat penelusuran Black Friday di Indonesia meningkat hingga 16 persen di dua tahun terakhir.

"Berdasarkan riset tentang jumlah penelusuran Black Friday melalui google, maka disimpulkan bahwa jumlah orang Indonesia yang menaruh perhatian dan mencari tahu tentang Black Friday bertambah di dua tahun terakhir," ujarnya.

Ia menjelaskan, volume penelusuran kata kunci tersebut mengalami peningkatan sebanyak 16 persen pada tahun 2017 dibandingkan tahun 2016.


Baca juga artikel terkait BLACK FRIDAY atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Gaya Hidup)

Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight