Periksa Fakta

Disinformasi Kisah Ally Louia Matikan Ventilator Kakeknya

Oleh: Irma Garnesia - 7 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Kendati sensasional dan telah beredar secara internasional, cerita mengenai Ally Louia ini sesungguhnya hanyalah cerita fiksi belaka.
tirto.id - "Seorang wanita bernama Ally Louia nekat mematikan alat penunjang kehidupan sang Kakek di rumah sakit demi mengisi daya HP miliknya yang hampir mati." Kalimat tersebut tertera pada sebuah foto yang diunggah di akun Instagram @indpedia (arsip) pada 20 Januari 2020.

Unggahan lantas viral, mendapat sekitar 11 ribu Likes dan beragam komentar dari warganet. Komentar-komentar itu kebanyakan mengutuk kelakuan gadis itu. Lebih lanjut pada deskripsinya, Indpedia menulis:

"Saat menjenguk sang kakek yang mengidap kanker paru-paru di rumah sakit, ia kehabisan daya HP. Ally langsung mencabut kabel penghubung alat ventilator sang kakek ke listrik dan menggantinya dengan kabel pengisi daya HP miliknya."

"Ally berdalih, keputusan itu ia ambil lantaran ia mendapatkan pesan dari sang ibu untuk mengabari kondisi kakeknya yang berada di rumah sakit. Sementara, daya HP miliknya hanya tersisa satu persen."

"Tak hanya sekadar mengirim pesan kepada ibunya, Ally juga sempat mengambil beberapa foto wajah sang kakek dan mengunggahnya ke media sosial Instagram. Ia melihat wajah sang kakek membiru, namun ia tak memperdulikannya."


"Perubahan warna kulit sang kakek menjadi biru merupakan pertanda bahwa sang kakek sedang kekurangan oksigen. Beruntung sang kakek bisa meraih tombol bantuan dan seketika dokter serta perawat masuk ke dalam kamar perawatan dan menolongnya."

"Saat dilakukan pemeriksaan, dokter dan perawat terkejut lantaran ventilator sang kakek telah dimatikan. Tindakan yang dilakukan oleh Ally membuat seluruh anggota keluarganya murka. Bagaimana tidak, Ally bisa saja membunuh sang kakek akibat kekurangan oksigen."

"Meski demikian, Ally bersikeras merasa tidak bersalah. ia justru meminta keluarganya mencari solusi lain seperti membelikannya baterai HP cadangan atau HP baru untuknya agar kejadian tersebut tak terulang."

Siapakah Ally Louia, dan benarkah kabar yang beredar ini?

Periksa Fakta Gadis Mematikan Ventilator
Periksa Fakta Seorang Gadis Matikan Ventilator Kakeknya Demi Cas Hp. Instagram/Indpedia


Fakta

Cerita mengenai Ally Louia ini sesungguhnya telah beredar secara internasional. Situs Thecoverage.my dari Malaysia menuliskan kabar ini dengan judul "26-Year-Old Girl Disconnected Her Grandpa’s Life Support To Charge Her Phone" (arsip) pada akhir 2019. Kemudian, situs Philnews.ph menuliskan kabar ini dengan judul “Ally Louia Unplugs Grandfather’s Life Support To Charge Mobile Phone” (arsip) pada 2017.

Lebih jauh, kabar mengenai Ally Louia juga ditemukan di situs Ideasfun (arsip), Rachfeed (arsip), Elite Readers (arsip), hingga BuzzFlare (arsip). Di Indonesia, kisah ini juga pernah diterbitkan di beberapa media daring ternama.

Terlepas dari luasnya cerita ini beredar, peristiwa ini murni hanya fiksi. Penelusiran Snopes, lembaga pemeriksa fakta di Amerika Serikat, mengungkap bahwa kisah Ally Louia ini awalnya diterbitkan di situs web satir 8shit.net pada 7 Oktober 2017. Situs itu menyatakan dalam "legal notice" bahwa semua kontennya (terkecuali jika dicantumkan) merupakan fiktif.

8shit.net menuliskan, "8Shit adalah situs berita satir dan humor. Semua konten yang tersedia merupakan fiksi (kecuali yang di bawah kategori "serius"). Semua referensi, nama dan merek atau institusi di web ini digunakan sebagai elemen kontekstual, seperti dalam novel atau cerita fiksi ilmiah lainnya."

Narasi yang serupa kisah Ally Louia pernah diterbitkan oleh situs El Mundo Today, situs berita satir Spanyol, pada 2015. Kala itu, situs ini menampilkan nama "Adrián Hinojo" (arsip). Namun, El Mundo Today memberi "legal warning" bahwa kontennya merupakan karya fiksi belaka.

Kesimpulan

Kabar yang beredar mengenai Ally Louia, gadis yang mencabut alat ventilator kakeknya untuk mengecas ponselnya merupakan informasi yang salah dan menyesatkan (false and misleading). Kabar mengenai Ally Louia pertama kali ditulis oleh situs berita satir dan humor 8shit.net.


Baca juga artikel terkait PERIKSA FAKTA atau tulisan menarik lainnya Irma Garnesia
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Irma Garnesia
Editor: Ign. L. Adhi Bhaskara
DarkLight