Disdik DKI: Sudah Ada 100 Sekolah Gunakan Solar Panel di Jakarta

Oleh: Haris Prabowo - 6 Agustus 2019
Dinas Pendidikan DKI Jakarta menargetkan memasang solar panel di atas semua sekolah yang ada di Jakarta.
tirto.id - Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Ratiyono mengatakan, pihaknya menargetkan akan memasang solar panel di atas semua sekolah yang ada di Jakarta. Meski begitu, ia tak memberitahukan kapan target semuanya rampung.

"Kalau bisa dalam waktu dekat ya semuanya," katanya saat dihubungi, Senin (6/8/2019) siang.

Ratiyono mengaku, hingga saat ini baru 100 sekolah yang telah memasang solar panel di atap sekolahnya.

"Belum begitu banyak. Kalau 100 ada lah. Coba cek ke SMP 1 Cikini lihat. Kan, dekat tuh," ujarnya.


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meneken Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 66 Tahun 2019 Tentang Pengendalian Kualitas Udara, pada Kamis (1/8/2019) lalu. Instruksi itu diteken setelah didesak sejumlah pihak untuk serius mengurangi polusi udara buruk di Jakarta.

Bahkan instruksi tersebut diteken tepat saat sidang perdana gugatan warga negara di PN Jakarta Pusat terkait kualitas udara yang buruk di Jakarta digelar. Dari tujuh pejabat negara yang digugat, Anies adalah salah satunya.

Ingub tersebut berisi perintah kepada sejumlah kepala dinas dan asisten sekretaris daerah Provinsi DKI Jakarta dalam rangka percepatan pelaksanaan pengendalian kualitas udara di Ibu Kota.

Salah satu poinnya, sekaligus yang terakhir, Anies ingin seluruh atap gedung fasilitas umum memasang solar panel.

Ia meminta Dinas Perindustrian dan Energi Provinsi DKI Jakarta agar menginstalasi solar panel pada seluruh gedung sekolah, fasiltas olahraga/kepemudaan, fasilitas kesehatan dan gedung milik pemerintah daerah yang dimulai pada tahun 2019 dan diselesaikan pada tahun 2022.

"Merintis peralihan ke energi terbarukan dan mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil dengan menginstalasi solar panel rooftop pada seluruh gedung sekolah, gedung pemerintah daerah dan fasilitas kesehatan milik pemerintah daerah," jelas Anies.


Baca juga artikel terkait SOLAR PANEL atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Pendidikan)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight