Disaksikan Megawati, Puan Maharani Resmi Jadi Ketua DPR 2019-2024

Oleh: Bayu Septianto - 1 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Puan Maharani telah mengucapkan sumpah jabatan sebagai Ketua DPR RI 2019-2024, di hadapan ibunya, Megawati Soekarnoputri.
tirto.id - Rapat paripurna ke-2 DPR RI periode 2019-2024, Selasa (1/10/2019) telah resmi menetapkan lima pimpinan DPR periode 2019-2024. Puan Maharani dari Fraksi PDIP disetujui dalam rapat paripurna untuk menjadi Ketua DPR RI.

Empat pimpinan lainnya juga disetujui dan ditetapkan menjadi Wakil Ketua DPR. Mereka adalah Sufmi Dasco Ahmad dari Partai Gerindra, Azis Syamsuddin dari Partai Golkar, Rahmat Gobel dari Partai NasDem, dan Muhaimin Iskandar dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Selain wakil dari PKB, nama-nama ini sebelumnya telah muncul dalam rapat konsultasi DPR RI pada siang hari tadi. PKB menyusul kemudian pada sore harinya.

Pimpinan sementara DPR RI, Abdullah Wahab Dalimunthe yang memimpin rapat paripurna usai membacakan nama-nama pimpinan DPR yang baru, langsung menanyakan kepada para anggota DPR yang hadir dalam rapat paripurna kali ini.


"Apakah dapat disetujui?" tanya Abdul Wahab.

"Setuju," jawab para anggota DPR serempak.

Selanjutnya, Puan dan empat wakil ketua DPR lainnya langsung diambil sumpah jabatan. Sumpah jabatan langsung dipimpin Ketua Mahkamah Agung, Hatta Ali.

"Bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai ketua/wakil ketua Dewan Perwakilan Rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945," ucap Hatta Ali.

"Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh, bahwa saya, dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang dan golongan. Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan NKRI," lanjut Hatta Ali.

Dalam pengambilan sumpah jabatan ini, tampak Presiden ke-5 RI yang juga Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Megawati juga merupakan ibu dari Puan Maharani, Ketua DPR yang baru. Hadir pula Menteri Sekretaris Kabinet, Pramono Anung dan Sekjen PDIP, Hasto Krisyanto.


Baca juga artikel terkait PDIP atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto
(tirto.id - Politik)

Reporter: Bayu Septianto
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Zakki Amali
DarkLight