Dinas SDA: DKI Masih Aman Banjir Meski Ada 19 Titik Genangan Air

Oleh: Fadiyah Alaidrus - 25 Januari 2019
Wilayah yang paling banyak ditemukan genangan air adalah Jakarta Timur.
tirto.id - Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Teguh Hendarwan memastikan wilayah Jakarta masih aman dari banjir, meskipun terdapat 19 titik lokasi yang terdampak genangan air.

"Situasi di Jakarta sampai saat ini masih aman, meskipun memang ada 19 titik lokasi yang terdampak genangan, tapi dalam proses sekitar satu jam, itu semua bisa surut, apalagi begitu hujan mulai reda," kata Teguh saat dihubungi pada Jumat (25/1/2019).

Menurut dia, wilayah yang paling banyak ditemukan genangan adalah Jakarta Timur, kemudian Jakarta Selatan. Sementara untuk wilayah Jakarta Pusat masih aman.

"Kesiapan kami, objek alat vital kami terkait rumah pompa, pompa stasioner, Alhamdulillah 96 persen semua berjalan baik. Jadi kami backup juga dengan pompa mobile dan satgas pasukan biru yang kami sebar di 44 kecamatan," jelas Teguh.

Teguh menjelaskan, Dinas SDA juga sudah melakukan pengurasan dan pengerukan batu kali. "Makanya, Jakarta untuk sekarang masih terkendali," tambahnya.

Namun, ia mengatakan, saat ini masih ada sejumlah wilayah yang rawan banjir, terutama wilayah yang proses normalisasinya belum selesai. Contohnya, seperti di Kali Ciliwung segmen Kramat Jati, kemudian Kali Sunter di Cipinang-Melayu.

"Yang kejadian berulang karena itu belum dinormalisasi. Kawasan-kawasan selatan seperti Kalibata, Jati Kramat, Pesanggrahan, dari kompleks IKPN, tapi itupun semua bisa kami kendalikan," kata Teguh.


Baca juga artikel terkait BANJIR atau tulisan menarik lainnya Fadiyah Alaidrus
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Fadiyah Alaidrus
Penulis: Fadiyah Alaidrus
Editor: Alexander Haryanto