Diminta Jokowi Turunkan Harga Tiket, Menhub: Kita Sedang Berupaya

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 18 Agu 2022 15:37 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Menhub Budi Karya Sumadi mengaku pemerintah berupaya menjaga harga tiket pesawat agar tidak mengalami kenaikan.
tirto.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri BUMN Erick Tohir untuk menyelesaikan masalah kenaikan harga tiket meski harga avtur naik. Kedua kementerian itu diminta mencari formula tepat agar harga tiket pesawat tak membebani masyarakat.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku, pihaknya sudah berupaya menjaga harga tiket pesawat agar tidak mengalami kenaikan. Ia pun sudah berbicara dengan jajaran untuk mengatur agar tidak sampai terjadi inflasi imbas kenaikan harga tiket pesawat.

"Kita memang menjaga keseimbangan antara kemampuan dari pada sektor transportasi dengan tidak menaikkan tiket. Saya sudah sampaikan ke Pak Dirjen kita harus bicara detil, bagaimana kita mengatur harga dalam konteks yang detil sehingga inflasi di sektor itu juga tidak terlalu tinggi," Kata Budi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (18/8/2022).

Budi berharap, pemerintah daerah ikut memberikan subsidi kepada sektor penerbangan. Ia beralasan, ada inefisiensi dalam sektor penerbangan di beberapa daerah karena tingkat keterisian penerbangan yang rendah hingga di bawah 50 persen.

Minimnya keterisian membuat pengusaha penerbangan harus mengakali agar tidak merugi, salah satunya dengan menaikkan harga tiket.

"Kalau itu ada subsidi mereka membantu memasarkan hingga okupansi naik, harga akan bisa dipertahankan. harga itu kan berbanding lurus dengan keterisian. banyak sekali di daerah yang keterisiannya di hari tertentu rendah. Ini yang harus di-manage," Kata Budi.

Budi pun mengakui bahwa kenaikan harga tiket terjadi akibat kenaikan harga avtur. Akan tetapi, ia melihat bahwa ada upaya manajemen yang juga harus dilakukan agar tidak terjadi inflasi.

Kementerian Perhubungan telah melakukan komunikasi dengan beberapa daerah seperti Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan, Kalimantan dan Aceh. Pemerintah daerah diajak diskusi agar okupansi bisa naik dan harga bisa lebih baik.

"Sudah (ada pembicaraan dengan pemerintah daerah) dan ini hari ini dengan adanya perintah presiden akan semakin kita intensifkan," Kata Budi.

Presiden Jokowi sebelumnya juga sudah berbicara soal harga tiket. Ia mengaku mendapat keluhan dari masyarakat yang kian melambung.

"Saya dengar juga keluhan, Pak harga tiket pesawat pak tinggi-tinggi. Sudah langsung saya reaksi pak Menteri Perhubungan pemerintah segera ini diselesaikan Garuda, Menteri BUMN juga saya sampaikan segera tambah pesawatnya agar harga bisa kembali pada keadaan normal meskipun itu tidak mudah karena harga avtur internasional juga tinggi," Kata Jokowi.


Baca juga artikel terkait HARGA TIKET PESAWAT MAHAL atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Anggun P Situmorang

DarkLight