Dilirik Nasdem Jadi Capres 2024, Anies: Fokus Dulu Urus Jakarta

Oleh: Haris Prabowo - 11 November 2019
Anies menilai saat ini terlalu dini untuk membahas Pilpres 2024.
tirto.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan enggan memikirkan wacana Partai Nasdem yang tertarik meminangnya menjadi bakal calon presiden pada Pemilu 2024. Anies mengatakan masih fokus mengurus DKI Jakarta.

Anies menilai saat ini terlalu dini untuk membahas Pilpres 2024 laintaran Pilpres 2019 baru saja rampung. Apalagi Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin baru dilantik 20 Oktober lalu.

"Padahal masih panjang sekali. Saya ini bekerja di Jakarta baru dua tahun. Terus Presiden baru dilantik, belum satu bulan. Jadi, rileks dulu saja. Saya sekarang tetap fokusnya di Jakarta," kata Anies di Balai Kota, Senin (11/11/2019).

Anies menekankan tak ada yang spesial dari kehadirannya dalam kegiatan kongres ke-2 Nasdem pada Jumat (8/11/2019) lalu. Ia mengklaim hadir dalam kapasitas sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Biasa saja. Jadi saya Gubernur Jakarta. Dan kalau ada pembukaan-pembukaan kongres, memang biasa diundang dan menyampaikan sambutan sebagai tuan rumah," kata Anies.

Anies juga mengaku heran dengan pihak-pihak yang acap kali mengaitkan kedekatannya bersama elite Nasdem dengan ajang pemilihan presiden tahun 2024. Ia menegaskan tidak semua kegiatan yang berkaitan dengan partai politik bisa dikaitkan begitu saja.

Partai Nasdem melirik empat tokoh yang kini menjadi kepala daerah untuk diusung pada Pilpres 2024. Hal itu muncul dalam gelaran kongres II Nasdem di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Keempat kepala daerah itu yakni Gubernur DKI Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK).


Baca juga artikel terkait CAPRES 2024 atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Politik)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight