Didepak dari All England 2021, Tim Indonesia Percepat Kepulangan

Reporter: Antara - 20 Mar 2021 07:50 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Tim Indonesia berupaya pulang ke tanah air sebelum masa isolasi mandiri COVID-19 di Inggris berakhir yaitu, 23 Maret 2021.
tirto.id - Manajer tim bulu tangkis Indonesia Ricky Soebagdja mengatakan, saat ini tim Indonesia tengah mempercepat kepilangan dari Inggris. Hal itu terjadi usai mereka usai dipaksa mundur dari ajang Yonex All England 2021.

"Harapan kita bagaimana kita fokus bisa kembali ke Tanah Air. Salah satu tujuan utama adalah bagaimana tim Indonesia bisa kembali atau sesegera mungkin mengurus kepulangan tim Indonesia," kata Ricky dalam konferensi pers yang digelar oleh Kedutaan Besar RI di London, Jumat (19/3/2021).

Saat ini tim Indonesia tengah melakukan karantina selama 10 hari, dimulai tanggal 13 hingga 23 Maret nanti. Namun Ricky mengatakan, pihaknya tengah memperjuangkan agar dapat sesegera mungkin kembali ke Tanah Air, tanpa melanggar aturan-aturan yang berlaku. Terutama agar para atlet dapat kembali mempersiapkan diri untuk ajang kompetisi yang akan datang.

"Atlet memang minta sesegera mungkin untuk kembali ke Tanah Air untuk mempersiapkan kembali kejuaraan-kejuaraan yang memang sangat penting sebelum menjelang ke olimpiade," ujarnya.


Harapan tersebut juga disuarakan secara langsung oleh para atlet di tim bulu tangkis Indonesia melalui akun media sosial masing-masing. Termasuk ganda putra Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan melalui unggahan di Instagram, serta tunggal putra Jonatan Christie dan ganda putri Apriyani Rahayu.

"Yang lain sudah bisa dipahami, walaupun secara mental tidak dapat langsung diterima [keputusan BWF], tetapi ada satu harapan besar sesegera mungkin bisa kembali ke Tanah Air, itu sudah sangat-sangat mengobati tim atlet-atlet kita yang saat ini sedang dikarantina," kata Ricky.

Dia pun menyampaikan apresiasi terhadap Duta Besar Indonesia di Inggris Desra Percaya, serta KBRI London yang telah turut memperjuangkan harapan-harapan tim Indonesia untuk dapat kembali ke Tanah air.

Dubes Desra pun menegaskan bahwa pihaknya tengah berupaya memastikan keselamatan dan keamanan tim Indonesia yang masih berada di kota Birmingham, dan mengupayakan kepulangan mereka kembali ke Tanah Air dengan segera.

"Saya harus pastikan tim Indonesia dapat kembali ke Indonesia dengan aman. Setelah ini saya akan ke Birmingham untuk berjumpa dengan Kang Ricky (Soebagdja), tentu dengan protokol (kesehatan) dan untuk memberikan dukungan moral pada para pahlawan Indonesia," tuturnya.


Baca juga artikel terkait ALL ENGLAND 2021 atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Antara
Editor: Dieqy Hasbi Widhana

DarkLight