Dhaup Ageng Puro Pakualaman Dihadiri Para Raja Nusantara

Oleh: Dewi Adhitya S. Koesno - 5 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Sejak pukul 10.00 WIB sejumlah raja-raja Nusantara hadir dengan busana adat masing-masing. dan dikawal oleh sejumlah prajurit.
tirto.id - Acara resepsi pernikahan putra sulung KGPAA Paku Alam X Bendara Pangeran Harya (BPH) Kusumo Bimantoro dan Maya Lakshita Noorya atau Dhaup Ageng Puro Pakualaman berlangsung di Istana Puro Pakualaman, Yogyakarta, Sabtu (5/1/22019) pagi. Pernikahan agung itu tampak dihadiri oleh para raja dari keraton dan kasultanan se-Nusantara.

Sejak pukul 10.00 WIB tampak sejumlah raja-raja Nusantara dengan kawalan sejumlah prajurit hadir ke Kompleks Puro Pakulaman dengan busana adat masing-masing.

Sejumlah raja yang hadir antara lain berasal dari Kerajaan Gowa Sulawesi Selatan, Kerajaan Sekala Brak Lampung Barat, Kerajaan Denpasar Bali, serta Keraton Kasunanan Surakarta.

"Selamat kepada kedua mempelai, supaya menjadi keluarga yang bahagia," kata Raja Kerajaan Gowa Sulawesi Selatan Andi Kumala Ijo yang hadir karena diundang bersama raja-raja yang tergabung dalam Forum Silaturahmi Keraton se-Nusantara.

Sementara itu, Ketua Lembaga Adat Keraton Kasunanan Surakarta GKR Wandansari atau Gusti Mung mengaku baru pertama kali menghadiri acara Pernikahan Agung di Puro Pakualaman.

"Saya baru pertama kali seumur hidup jagong (menghadiri acara resepsi) di Pakualaman. Ini peristiwa yang bagi saya bersejarah apalagi di era sekarang ini," ujar Gusti Mung.

Dia berharap kedua mempelai dapat meneladani dan melanjutkan apa yang telah dilakukan oleh para sesepuh terdahulu di Puro Pakualaman.

"Semoga menjadi keluarga yang sakinah dan betul-betul bisa mengembangkan budaya Jawa karena keraton-keraton di Jawa ini adalah sumber kebudayaan," ucapnya.


Acara ijab kabul berlangsung pada Sabtu pagi, Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo tampak menghadiri acara resepsi pernikahan di Bangsal Sewotomo, Kagungan Dalem Pura Pakualaman pada pukul 11.00 WIB.

Kusumo Bimantoro yang lahir di Yogyakarta pada 10 April 1992 merupakan sulung dari dua bersaudara putra K.G.P.A.A. Paku Alam X dan G.K.B.R.A.A. Paku Alam.

Jenjang pendidikan ditempuhnya di Departemen Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM).

Sedangkan perempuan yang dipersunting, yakni Maya Lakhsita Noorya lahir di Sleman pada 27 April 1991. Putri dari Mandiyo Priyo dan Rini Wijayanti ini merampungkan pendidikan tingginya di Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.


Baca juga artikel terkait PERNIKAHAN atau tulisan menarik lainnya Dewi Adhitya S. Koesno
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Penulis: Dewi Adhitya S. Koesno
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno