Deutsche Bank Ikut Boikot Hotel Milik Sultan Brunei Terkait LGBT

Oleh: Yantina Debora - 5 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Deutsche Bank memutuskan hubungan kerja sama dengan hotel Dorchester Collection milik Sultan Brunei terkait hukuman mati LGBT.
tirto.id - Deutsche Bank turut memboikot hotel Dorchester Collection milik Sultan Brunei Hassanal Bolkiah terkait UU hukuman mati LGBT yang diterapkan sang Sultan.

"Undang-undang baru yang diperkenalkan oleh Brunei melanggar hak asasi manusia yang paling dasar, dan kami percaya itu adalah tugas kami sebagai perusahaan untuk mengambil tindakan terhadap mereka," kata Stuart Lewis, anggota Dewan Direksi Deutsche Bank.

“Kami bangga mendukung hak LGBTIQ di seluruh dunia, dan sebagai bagian dari ini kami secara teratur meninjau kemitraan bisnis kami untuk memastikan bahwa mereka selaras dengan prinsip ini.”

Pada Januari 2019, Deutsche Bank merupakan salah satu pendiri Kemitraan untuk Konsorsium Kesetaraan LGBTIQ Global untuk mempromosikan LGBTIQ dalam bisnis.

Dikutip dari New York Times, pada Rabu (5/4/2019), PBB mengatakan bahwa Brunei melanggar hak asasi manusia dengan menerapkan hukum Syariah, yang menghukum sodomi, perzinahan dan pemerkosaan dengan hukuman mati.

Tak hanya Deutsche Bank, sejumlah selebritas dunia seperti Ellen DeGeneres George Clooney dan diikuti Elton John juga turut memboikot hotel milik Sultan Brunei.


Clooney menyerukan boikot hotel-hotel milik Sultan Brunei pada awal pekan ini dikutip dari Deadline. Menurut Clooney, dengan menyewa atau makan di hotel-hotel tersebut berarti ikut membiayai orang-orang yang memilih untuk menghukum mati LGBT.

“Setiap kita melakukan pertemuan atau makan di salah satu dari sembilan hotel ini, kita memasukkan uang secara langsung ke kantong orang-orang yang memilh untuk melempari dan mencambuk mati mereka yang gay atau dituduh berzina, padahal mereka adalah warga negaranya sendiri,” ujar Clooney.

Ia menulis, beberapa tahun lalu dua dari hotel milik Sultan Brunei di Los Angeles, The Bel-Air dan The Beverly Hills diboikot banyak pihak karena perlakuan Brunei terhadap komunitas gay. Menurutnya itu cukup efektif.

Berikut 9 hotel yang dimiliki Sultan Brunei yang berada di AS, Perancis, Inggris, dan Italia:
  1. Hotel Bel-Air (Los Angeles , Amerika)
  2. The Beverly Hills (Beverly Hills, Amerika)
  3. The Dorchrster (London, Inggris)
  4. 45 Park Lane (London, Inggris)
  5. Coworth Park (Ascot, Inggris)
  6. Le Meurice (Paris, Perancis)
  7. Hotel Plaza Athenee (Paris, Perancis)
  8. Hotel Eden (Rome, Italia)
  9. Hotel Principe di Savoia (Milan, Italia)

Baca juga artikel terkait LGBT atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Hukum)


Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH