Deretan Inovasi Teknologi yang Dipamerkan Startup di CES 2019

Oleh: Ibnu Azis - 7 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
CES 2019 tak hanya diikuti oleh perusahaan teknologi namun juga startup yang unjuk gigi di gelaran itu.
tirto.id - Tak hanya perusahaan teknologi, startup juga unjuk gigi dalam gelaran Consumer Electronics Show (CES) 2019 di Las Vegas Convention Center, Las Vegas, Amerika Serikat. Lantas, inovasi apa saja yang mereka pamerkan?

Menurut CNN, gelaran CES tahun ini diikuti sekitar 4.500 peserta yang 1.100 di antaranya merupakan startup teknologi.

Berikut ini deretan inovasi dan teknologi mutakhir dari startup yang dipamerkan di CES 2019, seperti dirangkum dari laman Forbes, Senin (7/1/2019).

ActiveProtective

Startup ini mengembangkan wearable device untuk orang lanjut usia. Teknologi di perangkat "yang bisa dipakai di tubuh" ini untuk melindungi pinggul menggunakan airbag, yang dapat memonitor perilaku dan mengingatkan mereka saat perawatan.

BitLumens

Menawarkan solusi untuk masyarakat pedesaan dengan sistem tertentu atas masalah mereka. Misalnya teknologi rumah surya kepada petani yang belum terhubung ke saluran listrik menggunakan blockchain.


Civic Eagle

Startup ini membangun platform cloud menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk memangkas waktu dan biaya. Platform ini mengidentifikasi, melacak, dan menganalisis undang-undang dan peraturan bagi pihak terkait yang perlu merespons kebijakan.

Einride

Menawarkan solusi pengiriman barang bebas emisi, aman, dan hemat biaya dengan moda transportasi saling terhubung, elektrik, yang Einride sebut sebagai "T-pods".

Elevian

Startup yang bergerak di lingkup kesehatan ini mengembangkan obat-obatan regeneratif untuk mengobati dan mencegah penyakit yang berkaitan dengan usai manusia.

FenSens

Memproduksi sensor nirkabel yang tersembunyi di plat nomor untuk membantu pengemudi parkir paralel. Teknologi ini dapat ditanamkan di mobil apa pun kurang dari 5 menit dan bebas kabel.

Liven

Dikembangkan di Australia, platform pembayaran berbasis imbalan ini menghubungkan pengguna, pedagang, badan amal, dan lainnya. Pengguna akan menemukan pengalaman baru saat membayar tagihan dengan menerima reward yang bisa digunakan di mana saja dalam jaringan Liven.


Loop Earplugs

Memperkenalkan teknologi penutup telinga untuk mengurangi desibel dan mencegah tinnitus (penyakit telinga berdenging). Perangkat ini cocok dipakai bagi mereka yang sering beraktivitas di lingkungan dengan intensitas suara super berisik.

Lynq

Mengembangkan teknologi pelacak lokasi aman tanpa memerlukan telepon, jaringan atau infrstruktur terkait (WiFi, 4G). Menariknya, Lynq menawarkan teknologi ini tanpa biaya bulanan.

Mitte

Memperkenalkan sistem pengolahan air untuk rumah pintar. Mitte memungkinkan mengubah air biasa menjadi air mineral.

Moasure

Startup ini mengembangkan teknologi alat ukur berbasis gerak pertama di dunia yang memanfaatkan sensor inersia (kelembaman) dan algoritma tertentu.

Padrone

Menawarkan mouse inovatif berupa cincin yang dapat dipakai di jari pengguna. Saat cincin ini digerakkan seturut gerak tangan, maka pointer di layar juga akan bergerak.

re:3D

Startup ini mengembangkan teknologi yang menawarkan kreator untuk membuat objek pencetakan 3D.

Tempdrop

Mengembangkan sensor suhu tidur di aplikasi atau desktop yang memungkinkan perempuan melacak siklus tidur mereka secara akurat.


Waverly Labs

Memperkenalkan Pilot, sebuah perangkat translator berupa smart earpiece, yang mampu menerjemahkan real-time saat dipakai dengan lawan bicara.

Waycare

Membangun platform dengan memanfaatkan data transportasi dari kota-kota besar untuk meningkatkan keselamatan lalu lintas sekaligus mengelola jalan raya.

WeatherCheck

Startup ini mendukung klaim asuransi saat memeriksa kerusakan properti dengan membangun layanan pemantauan akibat cuaca buruk.

Y-Brush

Mengembang perangkat sikat gigi elektronik yang hanya membutuhkan waktu 10 detik saat digunakan, bukan 2 menit seperti yang direkomendasikan dokter gigi.

Adapun CES 2019 akan resmi digelar pada 8-11 Januari mendatang, namun aneka produk dan teknologi terbaru sudah diperkenalkan pada 6-7 Januari 2019.

CES merupakan pameran teknologi tahunan yang menampilkan berbagai inovasi dan gebrakan teknologi terbaru, baik perangkat mobile, komputer, gadget, jaringan, dan banyak lagi.

Startup sendiri merupakan sebuah perusahaan rintisan yang belum lama beroperasi dan berada dalam fase pengembangan serta penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.


Baca juga artikel terkait CES 2019 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis
DarkLight