Densus 88 Tangkap Satu Terduga Teroris di Bekasi

Oleh: Alfian Putra Abdi - 17 Oktober 2019
Aulia diduga masih terkoneksi dengan empat pelaku terduga teroris yang ditangkap di Bandar Lampung, pada Senin (14/10/2019).
tirto.id - Detasemen Khusus 88 Kepolisian Republik Indonesia menangkap satu terduga teroris di Tambun Selatan, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (16/10/2019) pukul 21.20.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan yang tertangkap bernama Adnan Aulia alias Aulia alias Gondrong.

Aulia diduga masih terkoneksi dengan empat pelaku terduga teroris R, AH, Y, dan T yang ditangkap di Bandar Lampung, pada Senin (14/10/2019) kemarin. Keempatnya diduga terafiliasi dengan SA yang terlibat penusukan Menkopolhukam Wiranto.

"Yang bersangkutan masih ada kaitannya juga dengan yang diduga pelaku teroris di Lampung," ujar Argo saat dikonfirmasi, Rabu (16/10/2019) malam.

Menurut Argo, Aulia masih satu koneksi juga dengan Abu Zee Ghuroba yang ditangkap di Bekasi pada 23 September 2019, lantaran hal yang sama.

Dugaan itu mencuat lantaran Aulia terlibat dalam kelompok media sosial pendukung ISIS atau Daulah serta berbaiat kepada sosok yang sama.

"Ia berbaiat kepada Amirul Mukminin Besar Abu Bakar Al Baghdadi di rumah Saleh," ujarnya.

Aulia ditangkap karena diduga merakit bom ponsel, yang disiapkan sebagai aksi bom bunuh diri.

"Yang bersangkutan memiliki dua switching bom. Dia juga berniat hijrah atau melakukan aksi bom bunuh diri dengan target tempat hiburan atau event-event besar di Lampung," ujar dia.


Baca juga artikel terkait PENANGKAPAN TERORIS atau tulisan menarik lainnya Alfian Putra Abdi
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Alfian Putra Abdi
Penulis: Alfian Putra Abdi
Editor: Abdul Aziz
DarkLight