Densus 88 Tangkap 2 Terduga Teroris di Yogyakarta

Oleh: Adi Briantika - 13 Desember 2018
Densus 88 Antiteror berhasil menangkap 2 terduga teroris di Yogyakarta pada Selasa (11/12/2018) kemarin.
tirto.id - Dalam rangka melakukan upaya mitigasi dan antisipasi terorisme menjelang Natal dan Tahun Baru 2018, Densus 88 Antiteror telah menangkap dua pelaku terduga teroris di Yogyakarta.

Karopenmas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, ada dua orang yang ditangkap yaitu B dan MI alias IA.

“B asal Balikpapan dan MI asal Indramayu,” ujar dia di kantornya, Kamis (13/12/2018).

Saat ini tim sedang mendalami kedua pelaku terkait pergerakannya di Pulau Jawa. Dedi menilai, mereka adalah satu jaringan dan memiliki keterkaitan tentang rencana aksi terorisme bom di Indramayu.

Keduanya diduga berasal dari kelompok yang telah dibekukan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan karena terbukti terlibat dalam sejumlah aksi teror bom di Indonesia yaitu Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

Dedi berpendapat, ada indikasi keduanya merencanakan untuk aksi teror bom jelang natal dan tahun baru di Pulau Jawa. “Indikasi bisa ke sana. Maka Densus 88 serta satgas antiteror dan radikalisme yang ada di setiap polda terus memitigasi dan mengantisipasi setiap aksi teror,” ucap Dedi.

Densus 88, tambah dia masih mendalami peran mereka di dalam kelompok tersebut. Ia juga mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak takut serta percaya kepada Polri bahwa jajarannya mampu mengantisipasi aksi teror.

Pada Selasa (11/12), Densus 88 menangkap MI di Jalan Garuda P 72 Krapyak, Sidoarum, Godean, Sleman, Yogyakarta.

Ia berprofesi sebagai pegawai waralaba di daerah tersendiri. Ketika menangkap, kepolisian menemukan tas ransel, bukti transfer, fotokopi KTP dan ijazah.


Baca juga artikel terkait KASUS TERORISME atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Yandri Daniel Damaledo