Demokrat Sebut Usulan Ketum SBY Diganti AHY akan Dibahas DPP

Oleh: Riyan Setiawan - 14 Juni 2019
Partai Demokrat menyebutkan, permintaan majelis tinggi Partai Demokrat Max Sopacua cs untuk Ketua Umum SBY diganti oleh AHY akan dibahas oleh DPP.
tirto.id - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Agus Hermanto menanggapi terkait pernyataan Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat Max Sopacua cs yang meminta agar Ketua Umum partainya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) segera digantikan oleh Komandan Kogasma, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Menurutnya, pernyataan para senior partai berlambang mercy itu merupakan suatu hal yang baik untuk memperbaiki partai demokrat ke depan. Sehingga, usulan tersebut akan dibahas ke tingkat Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat.

"Tentunya seperti itu [Bahas di DPP]. Karena kemarin baru suatu penyampaian ide dan sebagainya. Pastinya DPP akan melaksanakan rapatnya, akan melaksanakan fungsi-fungsinya, dan tentunya pasti ditanggapi," ujar Agus saat di Kompleks DPR RI, Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (14/6/2019).

Dirinya mengatakan, apapun yang disampaikan oleh kader, termasuk para senior partai Demokrat, harus ditanggapi oleh DPP.

Kemudian Agus juga menanggapi terkait pernyataan senior partai demokrat yang meminta agar mempercepat kongres partai untuk mengganti SBY dengan AHY. Yaitu dengan cara menggelar Kongres Luar Biasa (KLB).

Dia menuturkan, pendapat tersebut juga telah disampaikan ke DPP Partai Demokrat. Akan tetapi, kata Agus, tidak semua aspirasi harus dilakukan pihaknya.

"Yang jelas seluruh apa yang dikeluhkan oleh kader sudah pasti itu ditindaklanjuti oleh DPP," tuturnya.

Agus mengatakan, masukan-masukan tersebut baru masuk ke tingkat DPP Partai Demokrat sehingga semuanya harus dibahas secara komprehensif. Dirinya juga tidak bisa memastikan kongres untuk mengganti ketua umum partai perlu dipercepat atau tidak.

"Kita sekarang harus berbicara sesuai dengan apa yang disampaikan oleh DPP. Ini [Ganti Ketua Umum] kan sedang ada masukan, sedang ada hal yang disampaikan dan hal yang disampaikan ini kan tentunya baru" terangnya.


Baca juga artikel terkait PARTAI DEMOKRAT atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Politik)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight