Demokrat Klaim Punya Kader Berkualitas Jadi Menteri Kabinet Jokowi

Oleh: Bayu Septianto - 30 Juli 2019
Waketum Partai Demokrat Syarief Hasan mengklaim partainya memiliki kader-kader berkualitas untuk bisa dipilih Presiden terpilih Joko Widodo untuk menjadi menteri pada kabinet jilid duanya, periode 2019-2024.
tirto.id - Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Syarief Hasan mengklaim partainya memiliki kader-kader berkualitas untuk bisa diajukan ke presiden terpilih Jokowi untuk menjadi menteri pada kabinet jilid dua periode 2019-2024.

Pengalaman Partai Demokrat menjadi partai berkuasa selama 10 tahun di era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi alasan dasar Partai Demokrat bahwa ia memiliki kader-kader berkualitas. Kader-kader berkualitas ini, menurut Syarief, tak hanya bisa menjadi menteri namun posisi apapun.

"Ya kami menunggu dululah kami belum tahu gitu, tapi kalau kader sih kami juga banyak kami kan pernah 10 tahun memerintah kan jadi kami banyak kader yang berkualitas," ujar Syarief saat dihubungi, Selasa (30/7/2019).

Partai Demokrat, kata Syarief, tetap menyerahkan penyusunan kabinet kepada Jokowi, meskipun memang Partai Demokrat belum menegaskan sikapnya untuk berada di luar pemerintah atau bergabung dengan koalisi pendukung pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.

"Ya kami gak bisa ngomong apa soal kabinet karena itu hak prerogratif presiden, bagaimana siapa yang ditunjuk itu hak presiden kami gak bisa mencampuri," ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan sudah mulai ada nama-nama yang masuk sebagai calon menteri untuk kabinet periode 2019-2024.

"Pembentukan kabinet belum, tetapi sudah mulai masuk nama-nama calon itu, dan terus semakin banyak mengumpulkan pilihan-pilihan," kata Jokowi di sela menikmati kuliner ayam goreng sambal blondo di warung makan Mbah Karto, Kabupaten, Sukoharjo, Jawa Tengah, Minggu (28/7/2019).

Menurut dia, banyak nama-nama calon menteri dan semakin banyak alternatif akan lebih baik. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan kabinet kerja periode mendatang akan banyak warna, tenaga muda-muda.


Baca juga artikel terkait KABINET JOKOWI atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto
(tirto.id - Politik)

Reporter: Bayu Septianto
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Maya Saputri
DarkLight