Definisi Kilogram, Ampere, Kelvin dan Mol Ditetapkan Hari Ini

Oleh: Yantina Debora - 16 November 2018
Definisi kilogram, ampere, kelvin dan mol akan diubah.
tirto.id - Ilmuwan dari 60 negara akan melakukan pemungutan suara soal redefinisi Sistem Satuan Internasional (SI) kilogram, ampere, kelvin dan mol, hari ini Jumat (16/11/2018) di General Conference on Weights and Measures di Versailles, Perancis.

Para ilmuwan sepakat untuk menyiapkan definisi baru bagi standar satuan internasional. Mereka berharap dapat menetapkan standar satuan internasional berdasarkan konstanta universal daripada sebuah benda semata.

Mengutip dari Gov.uk, jika redefinisi itu disetujui hari ini, maka perubahan definisi kilogram, ampere, kelvin dan mol akan berlaku mulai 20 Mei 2019.

Kilogram, misalnya, saat ini didefinisikan berdasarkan sebuah batang campuran platina dan iridium yang disimpan di International Bureau of Weights and Measures (BIPM) di Perancis. Batang logam yang disebut International Prototype Kilogram (IPK) atau Le Grande K ini dibuat tahun 1880-an.

Objek ini telah melayani sains dan teknologi selama hampir 130 tahun, tetapi stabilitasnya selama periode ini hanya dapat dikonfirmasikan oleh perbandingan dengan salinan identik, yang merupakan proses yang sulit dan berpotensi tidak akurat. Perubahan yang diusulkan akan melihat kilogram yang ditentukan oleh konstanta Planck - konstanta fundamental fisika kuantum.

"Redefinisi SI adalah momen penting dalam kemajuan ilmiah." Kata Martin Milton, Direktur BIPM.

"Menggunakan konstanta universal sebagai landasan untuk konsep penting seperti massa dan waktu. Berarti kita memiliki landasan yang stabil untuk memajukan pemahaman ilmiah kita, mengembangkan teknologi baru dan mengatasi beberapa tantangan terbesar masyarakat.”

Definisi baru pada satuan internasional hanya akan dilakukan pada empat dari tujuh unit dasar SI: kilogram, ampere, kelvin dan mol, dan semua unit yang berasal dari mereka, seperti volt, ohm dan joule.

Kilogram akan ditentukan oleh konstanta Planck (h). Ampere akan ditentukan oleh muatan listrik dasar (e). Kelvin akan ditentukan oleh konstanta Boltzmann (k). Mol akan ditentukan oleh konstanta Avogadro (NA).

Baca juga artikel terkait SATUAN INTERNASIONAL atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Yantina Debora
Editor: Yantina Debora