Deddy Mizwar Jadi Juru Bicara Jokowi-Ma'ruf di Pemilu 2019

Oleh: Lalu Rahadian - 28 Agustus 2018
"Bapak Deddy Mizwar itu sebagai salah satu juru bicara di dalam tim kampanye nasional Pasangan Pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf."
tirto.id - Eks Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar dipastikan menjadi juru bicara Joko Widodo-Ma'ruf Amin pada pemilu 2019.

Kepastian itu disampaikan Sekretaris Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Hasto Kristiyanto usai menggelar rapat dengan sejumlah sekretaris jenderal parpol pendukung jagoannya. Menurut Hasto, penunjukkan Deddy sebagai jubir sudah direstui Jokowi.

"Sesuai dengan hasil koordinasi dengan Bapak Jokowi bahwa Bapak Deddy Mizwar itu sebagai salah satu juru bicara di dalam tim kampanye nasional Pasangan Pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf," kata Hasto di Posko Pemenangan Jokowi-Ma'ruf, Jakarta, Selasa (28/8/2018).

Deddy merupakan politikus Partai Demokrat. Ia menjabat Wagub Jawa Barat periode 2013-2018.

Pada pilkada tahun ini, Deddy yang berpasangan dengan Dedi Mulyadi kalah dari pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum. RK-Uu menjadi pemimpin baru di Jawa Barat menggantikan Deddy dan Gubernur terdahulu, Ahmad Heryawan.

Hasto berkata, Deddy Mizwar ditunjuk menjadi jubir karena memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Selain itu, ia dianggap memiliki landasan kebudayaan untuk membantu kampanye Jokowi-Ma'ruf di Jawa Barat.

"Landasan kebudayaan yang menjadi konsern dari Pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf itu nanti aksentuasinya akan disampaikan dengan sangat baik oleh bapak Deddy Mizwar," katanya.

Menurut Hasto, penunjukkan Deddy sebagai jubir Jokowi-Ma'ruf sudah melalui tahap komunikasi antara seluruh parpol pendukung Jokowi dengan pengurus partai di Jawa Barat. Hasto tidak menjawab tegas apakah komunikasi khusus juga dilakukan terhadap Demokrat, parpol tempat Deddy bernaung.

"Dengan Pak Ridwan Kamil kami juga melakukan komunikasi. Inilah yang menunjukkan bahwa kepemimpinan yang berdedikasi bagi bangsa dan negara itu mendapatkan dukungan yang luas," katanya.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Lalu Rahadian
(tirto.id - Politik)

Reporter: Lalu Rahadian
Penulis: Lalu Rahadian
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight