Debat Perdana Capres 2019 Dinilai Tak Pengaruhi Pasar Saham

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 18 Januari 2019
Debat capres-cawapres Pilpres 2019 dinilai tidak mempengaruhi kinerja pasar saham dan nilai IHSG di Indonesia.
tirto.id - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pagi ini dibuka menguat di angka 6.444,213 poin. Nilai ini lebih baik dibanding penutupan di hari sebelumnya senilai 6.423,78.

Bersamaan dengan itu, debat calon presiden dan wakil presiden putaran pertama juga telah terlaksana.

Analis BCA David Sumual memastikan, debat capres-cawapres tidak memiliki pengaruh yang signifikan pada kinerja pasar saham. Menurutnya, pergerakan saham masih dominan dipengaruhi oleh faktor eksternal.

“Tidak ada pengaruh debat kemarin pada IHSG hari ini. Lebih banyak ke faktor eksternal,” ucap David saat dihubungi Reporter Tirto pada Jumat (18/1).

Faktor eksternal, kata David, saat ini berkisar pada rilis data pengangguran Amerika yang turun di angka 213 ribu penduduk. Faktor belum jelasnya arah Brexit juga dinilai berkontribusi pada sentimen pasar hari ini.

Di samping itu, melunaknya perang dagang antara Amerika-Cina juga dinilai memberi pengaruh signifikan. Pasalnya Menteri Keuangan Amerika telah setuju untuk menghapus beberapa tarif impor dari Tiongkok.

“Ada titik cerah dalam kelanjutan negosiasi dagang,” ucap David.

David mengatakan, minimnya efek debat pada pasar akan berlanjut hingga ke debat-debat berikutnya. Pasalnya, kata David, substansi yang dipaparkan oleh kedua capres-cawapres masih berupa konsep.

David menuturkan, respon pasar lebih akan dipengaruhi oleh program kerja yang akan dibawa oleh presiden terpilih nantinya. Karena itu, efeknya baru terasa pada pasar usai diketahui pemenang pemilihan presiden (pilpres).

“Itu (Hasil pemilu) ditunggu investor. Saat ini (debat) masih di tataran kualitatif dan retorika. Mereka lebih tunggu program kerjanya. Jadi menurut saya gak ada pengaruh signifikan,” ucap David.

Kendati demikian, David tidak menutup kemungkinan bila investor juga akan tetap menantikan sesi debat isu ekonomi. Pasalnya, program kerja kedua pasangan calon akan dicermati pada bagaimana meresponi masalah ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.


Baca juga artikel terkait DEBAT CAPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno