Debat Pilpres 2019

Debat Kedua Pilpres 2019: Periksa Klaim, Uji Kemampuan

Oleh: Ivan Aulia Ahsan - 15 Februari 2019
Ronde kedua. Mulai!
tirto.id - Pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto Sandiaga Uno baku belah lagi. Kali ini pada debat kedua Pilpres 2019. Tema yang diangkat: energi, pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup, dan infrastruktur.

Berbagai tantangan dari tim sukses kedua pihak sudah dilontarkan. Begitu pula klaim kesiapan masing-masing paslon.

Kubu Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf melemparkan optimisme mereka.

"Pak Jokowi akan mengalir sesuai dinamisnya debat. Yang pasti sekali lagi akan membawa program yang realistis yang optimistis dan relevan dengan kebutuhan Indonesia. Kita realistis saja, Pak Jokowi tidak akan menghantar bangsa ini menjadi bangsa pesimistis," ujar Wakil Ketua TKN Johnny G. Plate saat ditemui Tirto di Kompleks DPR RI, Senin (11/2/2019).

Sementara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tak mau kalah.

"Pak Prabowo hanya kadang kala dikenal sebagai pemimpin tentara, militer, dan jenderal. Yang orang lupa dan luput, Pak Prabowo juga seorang intelek karena sudah banyak buku yang ditulis beliau sendiri dan merupakan pemikiran genuine dari Pak Prabowo,” tutur Wakil Ketua BPN Priyo Budi Santoso, kepada Tirto, Jumat (15/2/2019).


Para tim sukses boleh berbicara dan mengklaim apa saja. Yang jelas, acara debat kedualah yang benar-benar membuktikan semua klaim mereka. Tentu saja, kemampuan dan penguasaan materi kedua paslon juga diuji pada debat kali ini.

Seperti pada debat pertama, Tirto.id dan Catatan Najwa berkolaborasi untuk menyajikan pengalaman menyaksikan Debat Pilpres yang seru, bergairah, dan penuh nuansa. Simaklah baku hantam ronde kedua ini dengan penuh kegembiraan.

Pak Tirto
SY SJ BOLE GA?
Prabowo Subianto Djojohadikusumo
Tanah saya, kalau negara membutuhkan akan saya lepas. Tapi ketimbang dikuasai asing, LEBIH BAIK SAYA YANG KELOLA.
Pak Tirto
"...kita tidak lari ke luar negeri." 

Udah apal~
Prabowo Subianto Djojohadikusumo
Prabowo Subianto & Sandiaga Uno berpegang pada falsafah untuk menghasilkan kemakmuran. Negara harus hadir untuk membenahi ketimpangan. Kita harus menjaga agar kekayaan...
Pak Tirto
Waktu saya kecil, teman yang suka ngomong gitu malah yang paling cengeng~
Joko Widodo
TIDAK ADA YANG SAYA TAKUTI UNTUK KEPENTINGAN NASIONAL, TIDAK ADA YANG SAYA TAKUTI KECUALI ALLAH...
Pak Tirto
Tidak tinggal di Indonesia gimana, Pak? Separuh di Indonesia, separuh di Yordania, gitu ya, Pak? Hhe
Prabowo Subianto Djojohadikusumo
Kalau ada teknologi hebat, saya khawatir ini akan mempercepat kekayaan kita kabur ke luar negeri. SILAKAN SODARA KETAWA. KEKAYAAN INDONESIA TIDAK TINGGAL DI INDONESIA
Pak Tirto
Kasian Pak Prabowo 😞
 Lagian kenapa sih namanya harus unicorn-unicorn gitu?? Kita kan bisa bikin, misalnya, jenglot, tuyul, gundul pringis... Ini loh yang namanya unicorn, Pak:

Melihat Perjalanan 4 Startup "Unicorn" asal Indonesia
Prabowo Subianto Djojohadikusumo
Unicorn itu yang online-online itu y???
Joko Widodo
Infrastruktur apa yang akan Bapak bangun untuk mendukung unicorn-unicorn yang ada di Indonesia?
Pak Tirto
Saya Ubermensch~
Joko Widodo
Saya hanya manusia biasa~
Pak Tirto
(menelepon kawan dari Luar Jawa): Apa? Ko diinterogasi polisi pakai ular sebesar paha?
Joko Widodo
Bisa jadi ada masalah-masalah yang di Jawa selesai, tapi di luar Jawa belum. Sebaliknya, di luar Jawa sudah, di Jawa belum.
Joko Widodo
Saya pernah tengah malam berdua saja sama sopir mengunjungi nelayan di utara Semarang. Saya tidak pernah merasa cukup dengan laporan yang baik-baik.
Prabowo Subianto Djojohadikusumo
Mungkin laporan yang masuk ke Bapak memang cuma yang bagus-bagus, sementara di kenyataannya orang menderita.
Joko Widodo
Sudah ada BUMN untuk itu, mungkin Pak Prabowo saja belum tahu.
Prabowo Subianto Djojohadikusumo
Nelayan-nelayan miskin tidak punya akses kepada teknologi, kapal, dan modal, sehingga mereka bahkan tidak bisa melaut... Kami akan bikin BUMN-BUMN perikanan.
Pak Tirto
Laaah enak amat yak~ Situ gak mau diadu, tapi pendukung situ dan pendukung sono tiap hari gelut di FB Pak Tirto.
Prabowo Subianto Djojohadikusumo
Saya kira tidak ada lagi yang perlu saya komentari untuk topik ini. Kalau tidak berbeda, ya janganlah kami ini diadu-adu terus...
Pak Tirto
Awasi ini, awasi itu, kalau ini ketat, kalau itu ketat, reklamasi Teluk Benoa jalan troos. Perpresnya ga dicabut-cabut~
Joko Widodo
Saya yakin satu per satu hal ini bisa diselesaikan kementerian dan pemerintah-pemerintah daerah, jika diawasi dengan ketat.
Pak Tirto
eeee sekali lagi tak kelitikin nih~
Prabowo Subianto Djojohadikusumo
Saya akan menindak tegas eeee pelanggar eeee perusahaan-perusahaan eeee multinasional eeee
Pak Tirto
Jadi inget seseorang~
Prabowo Subianto Djojohadikusumo
S A Y A   P R I H A T I N
Prabowo Subianto Djojohadikusumo
😭😭😭
Pak Tirto
"Apakah kaw rasakan, getaranqu, pada dirimuu~ ku hanya duduk terdiam~"
Joko Widodo
Sertifikat lahan kami berikan bukan untuk yang gede-gede. Saya tahu Pak Prabowo punya lahan luas di Kalimantan dan Aceh. Yang saya tahu, pembagian semacam itu tidak dilakukan di masa pemerintahan saya.
Pak Tirto
*brb* batalin KPR
Prabowo Subianto Djojohadikusumo
Upaya Pak Jokowi menarik dan populer... untuk satu-dua generasi. Tapi tidak untuk generasi berikutnya. Lahan kan tidak meluas, sementara orang bertambah. Bagaimana ini nanti? Strategi kami berbeda: TANAH LAUT AIR DAN UDARA DIKUASAI NEGARA
Pak Tirto
Debat gini amat yak~ Kangen Pak Kiai Ma'ruf dan Bang Sandi, deh...
Pak Tirto
Simsalabim, abra, cadabra, alakazam, pika pikachu~
Prabowo Subianto Djojohadikusumo
...kong kalikong, pat gulipat...
Pak Tirto
Yaaah kok gitu, Pak? Ini mah bukan debat~
Prabowo Subianto Djojohadikusumo
Ya sudah. Kalau begitu prestasi Bapak, saya akui~
Joko Widodo
Dalam 3 tahun ini, kita bisa mencegah kebakaran hutan karena hukum sudah ditegakkan kepada siapa pun. Tegas teggas tegggas, kepada pelanggar ketentuan-ketentuan lingkungan.
Pak Tirto
Wkwkwkwk~
Prabowo Subianto Djojohadikusumo
Izin akan diperketat, AMDAL juga. Nggak ada lagi AMDAL etok-etok~
Pak Tirto
Ehm... Yang namanya nongol di Panama Papers siapa ya? Ehm...
Prabowo Subianto Djojohadikusumo
Banyak perusahaan besar tidak patuh, (((tidak bayar pajak))). Kongkalikong patgulipat dengan para pejabat... Saya akan menjalankan pemerintahan yang bersih yang bebas dari kongkalikong.
Pak Tirto
YAA ENDORSE SAWIT TROOOOS. BESOK-BESOK KITA SEMUA TINGGAL DI ATAS LAUT.
Prabowo Subianto Djojohadikusumo
Strategi kami adalah menggenjot produksi sawit, aren, tebu, agar tak perlu emport emport...
Prabowo Subianto Djojohadikusumo
Bener, sawit adalah komoditas penting bagi kita. Saya sudah bicara kepada para pengusaha dan lain-lain.
Tommy Tjokro
Lahan sawit 14 juta hektar dan pengelolaannya masih menimbulkan banyak masalah. Bagaimana strategi bapak agar target biodiesel tercapai, sementara petani sejahtera dan lingkungan berkelanjutan?
Joko Widodo
Pak Prabowo ini kurang optimistis!
Prabowo Subianto Djojohadikusumo
Gausah ngomong 4.0, 4.0, deh, selama belum bisa membela petani kita~ Yang tanpa emport emport dari negara lain!
Pak Tirto
Tapi pendukung bapak sukanya uninstall aplikasi marketplace. Berarti yang bakal beli produk-produk petani kecil di sana tinggal pendukung Pak Prabowo y?
Joko Widodo
Dengan membangun SDM, bangsa kita akan siap. Petani, misalnya, perlu diperkenalkan kepada marketplace, online, sehingga mereka bisa lebih dekat dengan pelanggan.
Anisha Dasuki
Bagaimana menghadapi revolusi industri 4.0 dalam sektor pertanian, perikanan, dan peternakan, yang kebanyakan pelakunya berskala kecil?
Joko Widodo
Sistem (((forji))) sudah kita bangun di 74 persen kabupaten dan kota seluruh Indonesia.
Pak Tirto
HAHAHAHA AM I A JOKE TO U?
Joko Widodo
Itu sih sudah saya sampaikan. Jalan 191 ribu kilometer yang saya bilang tadi itu ya untuk rakyat. Dalam 4 tahun belakangan hampir tidak ada konflik lahan, sebab yang kami berikan bukan ganti rugi, tapi (((ganti untung))).
Prabowo Subianto Djojohadikusumo
Saya lihat masalah (((cost of money))) atau (((biaya uang))) yang kita banyak utang akan berdampak pada efisiensi infrastruktur. Kita harus mencadangkan dana untuk ganti rugi kepada masyarakat, atau memindahkan kehidupan mereka.
Tommy Tjokro
Apa rencana Bapak untuk pembangunan infrastruktur yang inklusif?
Pak Tirto
Prabowo untuk rakyat! Eh, atau rakyat untuk Prabowo?
Prabowo Subianto Djojohadikusumo
Saya menghargai niat Pak Jokowi, tapi harus saya sampaikan bahwa tim bapak bekerja secara grusa-grusu, sehingga hasilnya tidak efisien. Infrastruktur buat rakyat, bukan rakyat untuk infrastruktur.
Pak Tirto
Buat petani Kulon Progo yang tanahnya digusur gimana, Pak?
Joko Widodo
Tentang pangan, saya ingin berterimakasih kepada petani jagung yang melakukan lompatan besar produksi.
Pak Tirto
Izin pembukaan Hutan Tanaman Industri baru buat perusahaan-perusahaan distop. Ini maksudnya buat kampanye ya, Pak?
Joko Widodo
Dalam bidang lingkungan hidup, kita ingin kebakaran hutan dan lahan gambut tidak terjadi lagi. Dalam 3 tahun ini tidak terjadi kebakaran hutan dan kebakaran gambut.
Pak Tirto
Hahkitaaaa?
Prabowo Subianto Djojohadikusumo
Ini bukan salah siapa-siapa, ini salah kita semua, rakyat Indonesia.
Pak Tirto
Harga kuda terjangkau juga nga?
Prabowo Subianto Djojohadikusumo
Kami akan menjamin harga pangan terjangkau bagi seluruh rakyat Indonesia!
Sandiaga Salahuddin Uno
Pak, ini kan debat, bukan apel pagi.
Prabowo Subianto Djojohadikusumo
Hormaaaat grakkk!!!
Ma'ruf Amin
Hhe hhe hhe
Joko Widodo
Udah siap, Pak Ma'ruf? Kita pemanasan dulu la~
Najwa Shihab
Ada lagi... Hehe...

Najwa Shihab
Ni kalau mau tau~

Pak Tirto
Emang kayak gimana sih debatnya?
Najwa Shihab
Kuy kuy!
Pak Tirto
Ronde kedua. Mulai!

Baca juga artikel terkait DEBAT CAPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Ivan Aulia Ahsan
(tirto.id - Politik)

Penulis: Ivan Aulia Ahsan
Editor: Zen RS
DarkLight