Debat Cawapres, Ma'ruf: Negara Telah Hadir untuk Atasi Masalah

Oleh: Nur Hidayah Perwitasari - 17 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Ma'ruf mengatakan bahwa jika terpilih, iya bersama Jokowi akan meluncurkan tiga kartu baru.
tirto.id - Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dalam debat cawapres malam ini mengatakan bahwa saat ini negara telah hadir untuk mengatasi segala permasalahan di bidang pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, serta sosial dan kebudayaan.

Sehingga ia meminta masyarakat tak perlu takut untuk bermimpi, Ma'ruf juga mengutip qoidah fighi "tasharruful imam ‘ala al- ra’iyyah manutun bi al- maslahah" yang artinya kebijakan dari seorang pemimpin adalah menciptakan kemaslahatan.

"Kepada anak-anakku semua saya nyatakan kalian jangan takut untuk bermimpi. Jangan takut untuk bercita-cita tidak perlu khawatir akan masa depan anaknya dan jangan sedih karena sekarang negara telah hadir dan negara akan turut hadir membantu kalian," ujar Ma'ruf.

Sebagai bentuk nyata Ma'ruf mengatakan bahwa jika terpilih, iya bersama Jokowi akan meluncurkan tiga kartu baru, yaitu Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, Kartu Sembako Murah, Kartu Pra Kerja.

"Kami akan mengeluarkan tiga kartu ini supaya anak bisa kuliah ibu-ibu bisa berbelanja dengan murah, supaya mudah untuk mendapatkan kerja," kata Ma'ruf sembari menunjukkan tiga kartu itu.

Ma'ruf juga mengatakan bahwa pemerintah telah menyiapkan tempat latihan dan tempat kursus secara gratis agar tenaga siap kerja tersedia.

Debat Pilpres 2019 tahap ketiga antara Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) ini berlokasi di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019) malam.

Debat Cawapres 2019 kali ini mengusung tema "Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, serta Sosial dan Kebudayaan".

Moderator debat kali ini dipandu oleh Alfito Deannova dan Putri Ayuningtyas sebagai moderator.

Terdapat sembilan panelis untuk yang bertugas merancang pertanyaan, yakni Prof. Dr. Samsul Rizal, MEng (Rektor Universitas Syiah Kuala), Prof. KH Yudian Wahyudi, M.A,. Ph.D (Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), Prof. Dr. Chairil Effendi (Guru Besar Sastra Universitas Tanjungpura Pontianak), serta Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, M.A (Rektor Universitas Hasanuddin Makassar).

Serta, Prof. Subhilhar, M.A. Ph.D (Guru Besar Universitas Sumatera Utara), Radhar Panca Dahana (Budayawan), Anis Hidayah (Ketua Pusat Studi Migrasi Migrant Care), Prof. Dr. David S. Perdanakusuma, dr. Sp.BP-RE(K) (Ketua Majelis Kolegium Kedokteran Indonesia), dan Prof. H. Yos Johan Utama (Rektor Universitas Diponegoro).

Debat Cawapres 2019 pada Minggu (17/3/2019) malam ini ditayangkan oleh Transmedia, yang dapat disaksikan mulai pukul 20.00 WIB melalui beberapa saluran siaran, seperti Trans TV, Trans 7, CNN Indonesia, CNBC Indonesia, Trans Vision, dan detikcom.


Baca juga artikel terkait DEBAT CAWAPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Politik)


Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Agung DH