Debat Cawapres 2019: Sandiaga Janji Sempurnakan BPJS & Teruskan JKN

Oleh: Yulaika Ramadhani - 17 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Sandiaga berjanji akan tetap meneruskan program JKN dan akan menyempurnakan BPJS Kesehatan.
tirto.id - Calon Wakil Presiden Nomor Urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno berjanji akan tetap meneruskan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan menyempurnakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

"Dalam kunjungan saya dan menemui Ibu Lis yang mana program pengobatan harus terhenti karena tidak dicover BPJS tidak boleh lagi terjadi. Kuncinya adalah pembenahan jangan saling menyalahkan," katanya dalam segmen debat yang membahas tentang kesehatan di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019).

Untuk pembenahan tersebut, tambah Sandi, negara tidak boleh pelit, jangan sampai antrean panjang terjadi dalam pelayanan kesehatan begitu juga obat harus selalu tersedia.

"Dalam 200 hari pertama Prabowo-Sandi kita akan cari akar permasalahan, obat harus tersedia, tenaga medis harus dibayar tepat waktu, jangan sampai layanan kesehatan turun karena tidak dibayar tepat waktu," katanya.

Selain itu sistem rujukan juga harus diperbaiki agar masyarakat tidak menunggu berjam-jam untuk mendapat pelayanan dan tidak berbelit.

Sandi juga berjanji menghadirkan kebijakan yang bisa mencegah dengan program promotif dan preventif yaitu 22 menit berolahraga setiap hari.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyelenggarakan debat capres putaran ketiga dengan tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan serta sosial dan budaya.

Tampil dalam debat putaran ketiga adalah Calon Wakil Presiden Nomor Urut 01 KH Ma'ruf Amin dan Cawapres Nomor Urut 02 Sandiaga Uno.

Pemilihan Presiden 2019 diikuti dua pasangan calon presiden dan wakil presiden, yakni pasangan nomor urut 01 Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin serta pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Debat Cawapres 2019 kali ini dipandu oleh Alfito Deannova dan Putri Ayuningtyas sebagai moderator.

Terdapat sembilan panelis untuk yang bertugas merancang pertanyaan, yakni Prof. Dr. Samsul Rizal, MEng (Rektor Universitas Syiah Kuala), Prof. KH Yudian Wahyudi, M.A,. Ph.D (Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), Prof. Dr. Chairil Effendi (Guru Besar Sastra Universitas Tanjungpura Pontianak), serta Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, M.A (Rektor Universitas Hasanuddin Makassar).

Berikutnya, Prof. Subhilhar, M.A. Ph.D (Guru Besar Universitas Sumatera Utara), Radhar Panca Dahana (Budayawan), Anis Hidayah (Ketua Pusat Studi Migrasi Migrant Care), Prof. Dr. David S. Perdanakusuma, dr. Sp.BP-RE(K) (Ketua Majelis Kolegium Kedokteran Indonesia), dan Prof. H. Yos Johan Utama (Rektor Universitas Diponegoro).

Debat Cawapres 2019 pada Minggu (17/3/2019) malam ini ditayangkan oleh Transmedia, yang dapat disaksikan mulai pukul 20.00 WIB melalui beberapa saluran siaran, seperti Trans TV, Trans 7, CNN Indonesia, CNBC Indonesia, Trans Vision, dan detikcom.





Baca juga artikel terkait DEBAT CAWAPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Kesehatan)


Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Maya Saputri