Debat Capres Ke-4, Jokowi: Tumbuhkan Nilai Pancasila Harus Kekinian

Oleh: Irwan Syambudi - 30 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
"[Menumbuhkan nilai Pancasila] ini harus kekinian bukan indoktrinasi lagi," kata Jokowi
tirto.id - Calon Presiden (Capres) nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) dalam debat ke-4 Pilpres 2019 mengatakan untuk menumbuhkan nilai-nilai pancasila agar mudah diterima adalah dengan cara kekinian

"[Menumbuhkan nilai Pancasila] ini harus kekinian bukan indoktrinasi lagi, harus terkini yang bisa dilakukan baik yang ada di Facebook yang ada di Instagram yang ada di Twitter dengan cara-cara sehingga relevansi Pancasila," kata Jokowi saat debat yang diselenggarakan pada Sabtu (30/3/2019) di Hotel Shangri-La, Jakarta.

Jokowi mengatakan pada masa pemerintahannya ia telah membentuk Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), namun menurutnya perlu ada cara-cara kekinian agar Pancasila lebih dapat mudah diterima generasi muda.

Selain itu kata dia menumbuhkan nilai-nilai Pancasila perlu dilakukan sejak dini melalui pendidikan PAUD, TK, SD, SMA, SMK, hingga perguruan tinggi.

Dan yang paling penting kata Jokowi Pancasila harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

"Anak-anak harus diberitahu toleransi karena kita ini memiliki 714 suku. Anak-anak juga harus diberitahu bagaimana berkawan dengan saudara-saudara kita sebangsa dan setanah air yang memiliki lebih dari 1.100 bahasa. Anak-anak juga harus diberitahu bagaimana bertoleransi karena kita ini berbeda-beda agama," katanya.

Dalam debat Capres ke-4 di Pilpres 2019 ini mengusung tema "Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan dan Keamanan, serta Hubungan Internasional".

Debat kali ini dipandu oleh Zulfikar Naghi dan Retno Pinasti sebagai moderator. Berikut Ini adalah nama-nama panelis debat Pilpres keempat sesuai tema debat:

Ideologi
- Prof DR Zakiyuddin, M.Ag (Direktur Pascasarjana IAIN Salatiga)
- Dr J Haryatmoko SJ (Akademisi/pengajar Fakultas Teologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta)

Pemerintahan
- Dr Erwan Agus Purwanto M Si (Dekan Fisip Universitas Gadjah Mada)
- Dr Valina Singka Subekti M Si (Akademisi/pengajar departemen ilmu politik, Fisip UI)
- Dadang Tri Sasongko (Sekjen Transparency International Indonesia)

Hankam
- Al Araf (Direktur Eksekutif Imparsial)
- Dr Ir Apolo Safanpo ST MT (Rektor Universitas Cenderawasih)

Hubungan Internasional
- Drs I Basis Eko Soesilo MA (Akademisi/Pengajar HI Fisip Unair dan Direktur Centre for Strategic and Global Studies/CSGS)
- Dr Kusnanto Anggoro (Akademisi/Pengajar Fisip UI).

Debat capres pada Sabtu (30/3/2019) kali ini dapat dipantau melalui live streamingSCTV, Indosiar, dan Metro TV. Namun, beberapa stasiun televisi seperti TVOne, CNN Indonesia, hingga Kompas TV juga menayangkan debat tersebut.

Live Streaming Debat Pilpres 2019 ke-4 di SCTV

Baca juga artikel terkait DEBAT CAPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Irwan Syambudi
(tirto.id - Politik)


Penulis: Irwan Syambudi
Editor: Agung DH