DC Comics Konfirmasi Wonder Woman Biseksual

Oleh: Yuliana Ratnasari - 30 September 2016
Wonder Woman adalah seorang biseksual. Greg Rucka selaku penulis dari DC Comics mengkonfirmasi hal ini.
tirto.id - Rucka mengatakan dalam wawancara eksklusif dengan Comicosity bahwa jelas Wonder Woman pernah berhubungan sesama jenis, sebagaimana yang telah diprediksi oleh para penggemar. Ia mengaku terkejut bahwa orientasi seksual karakter fiksi yang juga dikenal sebagai Putri Diana dari Themyscira itu, masih dipertanyakan, pada saat ia sering memberikan petunjuk-petunjuk di ceritanya.

“Saya tidak tahu bagaimana lagi saya bisa membuatnya lebih jelas. Tidak penting jika saya katakan dia biseksual atau tidak, yang penting adalah apa yang pembaca dapat dari komiknya,” jelas Rucka seperti dikutip dari The Guardian, Jumat (30/09/2016).

Meski demikian, Rucka menegaskan tidak akan mengubah cerita Wonder Woman dan terlalu menonjolkan seksualitasnya. Ia sangat kritis terhadap penulis lain yang memaksakan orientasi seksual karakternya ke dalam cerita. Menurutnya, untuk mengungkapkan orientasi seksual sebuah karakter fiksi dalam huruf besar dan tebal di dalam cerita merupakan penulisan yang buruk.

“Bagiku, itu penulisan yang buruk. Karakter itu seperti menyatakan sesuatu yang tidak berpengaruh pada cerita,” ujarnya lebih lanjut.

Namun, Rucka tidak mengelak bahwa orientasi seksual Wonder Woman merupakan hal penting dalam cerita. Tempat asal Wonder Woman yaitu Themyscira, adalah sebuah pulau fiktif yang hanya dihuni oleh perempuan Amazon dan diceritakan bagai surga, yang mana ada keberagaman di sana.

Konfirmasi Rucka ini dirayakan oleh para penggemar Wonder Woman di media sosial. Salah satunya dari akun Twitter @visenyat yang mengaku senang dengan melampirkan gif (gambar bergerak) Wonder Woman sedang menari.

Tahun ini DC Comics memperingati ulang tahun Wonder Woman ke-75. Penerbit buku komik Amerika Serikat itu juga telah menjadwalkan penayangan film Wonder Woman di AS dan Inggris pada 2 Juni 2017. Film yang disutradarai oleh Patty Jenkins tersebut menceritakan Putri Diana alias Wonder Woman yang berjuang demi perdamaian dalam Perang Dunia pertama. Namun, walaupun sekarang pahlawan super perempuan itu sudah keluar dari “lemari”, The Huffington Post melaporkan, dalam film nanti Wonder Woman tetap diceritakan memiliki hubungan heteroseksual.

Baca juga artikel terkait KOMIK atau tulisan menarik lainnya Yuliana Ratnasari
(tirto.id - Gaya Hidup)

Reporter: Yuliana Ratnasari
Penulis: Yuliana Ratnasari
Editor: Yuliana Ratnasari
DarkLight