Liga Inggris

David Silva Hengkang dari Manchester City di Akhir Musim 2019/2020

Oleh: Gilang Ramadhan - 26 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
David Silva konfirmasi akan memainkan musim terakhirnya bersama Manchester City.
tirto.id - Gelandang Manchester City, David Silva, mengonfirmasi akan memainkan musim terakhirnya setelah berada di klub selama 10 tahun. Silva mengaku menolak perpanjangan kontrak dan merasa sudah waktunya untuk pergi.

"Ini [musim] yang terakhir," kata Silva dikutip dari BBC pada Rabu (26/6/2019). "Sepuluh tahun bagi saya sudah cukup. Ini waktu yang tepat."

"Awalnya klub berbicara tentang perpanjangan dua tahun [kontrak] tetapi saya memutuskan untuk menandatangani satu lagi jadi saya selesai pada 10 tahun. Ini melengkapi siklus. Ini angka bulat yang bagus. Saya tidak pernah bisa melihat diri saya bermain melawan City untuk tim lain. Jadi 10 tahun - itu saja."

Silva bergabung ke City dari Valencia pada 2010 silam. Empat gelar Liga Inggris, dua Piala FA dan empat Piala Liga telah dia sumbangkan kepada Citizens. Total, dia telah memainkan 395 laga bersama City serta mencetak 70 gol.

Pada musim lalu, Silva memainkan 33 pertandingan Liga Inggris, menyumbangkan 6 gol serta 8 assist. Dia juga berhasil menjadi mengawinkan tiga gelar domestik Inggris, pertama kalinya bagi sebuah klub sepak bola laki-laki di tanah Inggris.



"Ketika saya masih kecil, saya tidak pernah berpikir saya akan mencapai semua yang telah saya lakukan, jadi saya lebih dari senang dengan apa yang telah saya capai dalam 10 tahun saya di City," imbuh Silva.

"Rasa hormat yang ditunjukkan orang kepada saya dan cara orang-orang di Manchester memperlakukan saya sangat sulit dipercaya. Itulah yang sangat saya sukai, pengakuan yang mereka berikan kepada saya."

"Saya punya keluarga sekarang dan ini tentang prioritas. Saya ingin menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga. Saya punya satu tahun lagi di Manchester City sehingga kami akan melihat apa yang terjadi setelah itu," tandas pemenang Piala Dunia 2010 itu bersama timnas Spanyol.

Gelandang berusia 33 tahun tersebut ingin mengakhiri kariernya bersama klub kampung halamannya, Las Palmas. Akan tetapi Las Palmas hanya bermain di divisi kedua Liga Spanyol.

"Bukan Cina," kata Silva tentang tujuan selanjutnya. "Aku tidak tahu. Pacar saya yang memutuskan untuk saya! Saya ingin menyelesaikan karir saya di Las Palmas tetapi sepak bola berubah. Siapa tahu? Itu tergantung pada tim dan para pemain. Saya tidak bisa datang ke sana [ke Las Palmas] untuk bermain di divisi kedua dengan tim ini."

Sebelumnya, rekan Silva sekaligus kapten tim, Vincent Kompany juga memutuskan hengkang dari Etihad pada 19 Mei lalu untuk melatih Anderlecht. Kompany sendiri telah membela Manchester biru selama 11 tahun.


Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Gilang Ramadhan