Liga Champions

Data & Fakta Porto vs Liverpool: Mane Sejajarkan Diri Dengan Eto'o

Oleh: Gilang Ramadhan - 18 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Sadio Mane menyamai jumlah gol Samuel Eto'o di fase gugur Liga Champions usai menyumbang satu gol ke gawang Porto pada laga leg kedua 8 besar Liga Champions 2018/2019 pada Kamis (18/4).
tirto.id - Pertandingan leg kedua Liga Champions 2018/2019 antara Porto vs Liverpool pada Kamis (18/4) di Estadion do Dragao berakhir dengan skor 1-4 untuk tim tamu. Di laga tersebut, penyerang Liverpool, Sadio Mane, menyejajarkan diri dengan Samuel Eto'o dalam hal gol di fase gugur Liga Champions.

Sadio Mane berhasil menyumbang satu gol dalam kemenangan tersebut. Artinya, Mane menjadi satu dari tiga pemain asal benua Afrika yang mampu mencetak 10 gol atau lebih di fase gugur Liga Champions.

Dengan total 10 golnya di fase gugur, Mane hanya kalah dari Didier Drogba (14) dan menyejajarkan diri dengan Samuel Eto'o (10). Mane juga telah mencetak 4 gol dari 3 pertemuan terakhirnya melawan Porto. Jika menilik lebih jauh, Sadio Mane selalu mencetak gol di setiap fase sejak debutnya musim lalu.

Terlebih, penyerang asal Senegal itu menjadi pemain Liverpool pertama yang mampu mencetak 10 di fase gugur sejak era Piala Champions berubah nama dan format kompetisi menjadi Liga Champions.



Mane serta dua rekannya, Mohamed Salah dan Robeto Frimino sama-sama telah mencetak 14 gol bagi Liverpool sejak era Liga Champions. Mereka mencatatnya hanya dalam dua musim terakhir. Jumlah tersebut hanya terpaut 7 gol dari Steven Gerrard yang mencatatkan 21 gol.

Sedangkan kemenangan ini membuat Liverpool dua musim beruntun lolos ke babak semifinal Liga Champions. Musim lalu, The Reds berhasil lolos ke partai puncak, namun harus takluk di tangan Real Madrid.

Liverpool akan menghadapi Barcelona di babak semifinal pada 30 April mendatang di Cam Nou. Keduanya terakhir bertemu pada 16 besar Liga Champions 2006/2007 di mana Liverpool mampu menang lolos ke 8 besar setelah unggul gol tandang dengan skor agregat 2-2.

Jurgen Klopp selaku pelatih Liverpool mengaku antusias menghadapi Barcelona. Selain itu, Klopp merasa bangga dapat lolos ke babak semifinal Liga Champions dalam dua musim terakhir.

"Sekarang kita berada di semi final melawan Barcelona. Saya sangat senang dengan fakta kami memainkannya. Berada di semi final untuk kedua kalinya berturut-turut adalah pernyataan besar. Saya benar-benar bangga dengan anak-anak, sangat brilian apa yang mereka lakukan," ucap Klopp.

"Ini adalah kabar baik bahwa ada pertandingan sepakbola yang tepat antara Liverpool dan Barcelona."

Di ajang kompetitif, kedua kesebelasan telah bertemu sebanyak 8 kali. Blaugrana hanya mampu menang 2 kali, bermain seri 2 kali serta 3 kali menelan kekalahan dari The Reds.

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Fitra Firdaus