Darmin Lantik Kepala BP Batam

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 7 Januari 2019
Edy Putra Irawadi yang sebelumnya menjabat Staf Khusus Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dilantik sebagai Kepala BP Batam.
tirto.id - Ketua Dewan Kawasan Batam, Darmin Nasution resmi melantik kepala Badan Pengelola (BP) Batam dan dua deputi sekaligus membebaskan seluruh pejabat deputi dan kepala yang lama dari tugasnya.

Darmin menetapkan Edy Putra Irawadi yang sebelumnya menjabat Staf Khusus Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sebagai Kepala BP Batam menggantikan Lukita Dinarsyah Tuwo. Dasar pelantikan Kepala BP Batam baru, kata Darmin, dari Sidang Kabinet pada 12 Desember 2018 lalu.

Dewan Kawasan juga melantik Purwiyanto sebagai Deputi Bidang Adminsitrasi dan Umum BP Batam dan Dwianto Eko Winaryo sebagai Deputi Bidang Pengusahaan Sarana Usaha BP Batam. Keduanya, dipastikan akan merangkap sisa jabatan deputi yang dikosongkan.

“Di sini kita bersyukur pada pengangkatan kepala beserta 2 deputi BP Batam. Kenapa kami tidak angkat banyak deputi? Biar sederhana saja jadi tidak banyak pendapat,” ucap Darmin di gedung Kemenko Perekonomian, Senin (7/1/2019).

Darmin mengatakan, Wali Kota Batam bakal menjabat Kepala BP Batam secara ex-officio. Namun, terlebih dahulu, jabatan itu ditempati Edy selama masa transisi.

“Kami juga sedang menyiapkan amandemen peraturan pemerintah untuk menjadi dasar hukum bagi kepala BP Batam yang dirangkap Wali Kota Batam. Paling lambat 30 April 2019,” ucap Darmin.

Dalam pelantikan itu hadir juga Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly, Menteri Perdagangan Enggartiaston Lukita, Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun dan Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Riau Jumaga Nadeak.



Baca juga artikel terkait BP BATAM atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Zakki Amali
DarkLight