Dark Phoenix Dianggap Seri Film X-Men dengan Pencapaian Terburuk

Oleh: Yulaika Ramadhani - 11 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Pencapaian Dark Phoenix dianggap sebagai debut terburuk film X-Men yang pernah ada selama 20 tahun ini
tirto.id - Dark Phoenix dianggap sebagai film terburuk dari seluruh seri film X-Men dilihat dari pendapatan yang diperoleh hingga penutupan akhir pekan box office.

Sebagaimana dikutip Variety, film seri ketujuh X-men ini hanya meraup 34 juta dolar dalam penutupan akhir pekan box office. Sebelumnya penjualan tiket mengumpulkan 5 juta dollar pada hari Kamis (6/6/2019), dan 14 juta dolar pada hari Jumat (7/6/2019).

Pencapaian ini menjadikan Dark Phoenix sebagai debut terburuk film X-Men yang pernah ada selama 20 tahun.

Sedangkan, jika dibandingkan dengan film X-Men yang lain seperti Apocalypse meraih 8,2 juta dolar di hari pemutarannya pada tahun 2016 dan Days Of Future Past mencapai 8,1 juta dolar di hari pemutaran pertamanya pada tahun 2014. Apalagi jika dibandingan dengan The Wolverine film sekuel terlaris X-Men, yang di hari pemutaran The Wolverine bisa meraup mencapai 53 juta dolar.

Biaya produksi film Dark Phoenix sendiri mencapai 200 juta dolar. Distributor film ini dinilai memerlukan usaha yang sangat besar untuk melariskan filmnya karena Rotten Tomatoes mengeluarkan ulasan yang buruk, yaitu sebesar 20 persen. Sedangkan IMDB memberikan rating 6/10.

Sementara itu, pencapaian Dark Phoenix juga masih tertinggal dengan film kartun keluarga The Secret Life Of Pet 2 yang berhasil menduduki puncak box office dengan meraup pendapatan 46,1 juta dolar dalam tiga hari pemutaran film.

Dalam wawancaranya dengan metro.co.uk, produser Dark Phoenix Simon Kienbergh mengungkapkan tantangan terbesar dalam pembuatan Dark Phoenix adalah bagaimana pemeran-pemeran Dark Phoenix mampu menyampaikan pesan yang paling emosional, intim kepada penonton.

Dark Phoenix sendiri mengisahkan tentang penyesalan Jean Gray yang diperankan oleh Sophie turner terhadap perbuatan yang pernah ia lakukan di masa lalu.

Film ini mengungkapkan sisi gelap Sophie Turner, serta usaha Turner untuk mengungkap kekuatan terbesarnya.

Setelah cerita di X-Men The Days of Future Past yang mengubah masa depan dengan mengubah masa lalu dan secara otomatis menghapus seluruh cerita trilogi terdahulunya, Dark Phoenix menjadi babak baru dalam franchise X-Men.

Dark Phoenix akan terlihat hampir mirip seperti film X-Men The Last Stand, di mana Jean Grey berhasil mengungkap kekuatan terbesarnya.

Selain Jean Grey, film ini juga akan menampilkan karakter – karakter Marvel X-Men, termasuk Profesor X (James McAvoy), Magneto (Michael Fassbender), Strom (Alexandra Shipp), Mystique (Jennifer Lawrence), Beast (Nicholas Hoult), Cyclops (Tye Sheridan) dan tanpa hadirnya sosok Wolverine setelah Hugh Jackman memutuskan pensiun untuk peran tersebut.


Baca juga artikel terkait X-MEN DARK PHOENIX atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Film)


Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Agung DH