Danpuspenerbal: Pesawat Latih TNI AL Jatuh ke Laut dan Tenggelam

Reporter: Fahreza Rizky, tirto.id - 7 Sep 2022 16:37 WIB
Pesawat ini baru saja mendapatkan perawatan pada 22 Agustus 2022 lalu. Pesawat dinyatakan dalam kondisi baik.
tirto.id - Pesawat latih TNI Angkatan Laut jenis Bonanza jatuh di perairan Selat Madura pada Rabu (7/9/2022). Pesawat tersebut kemungkinan mengalami gangguan hingga akhirnya jatuh ke laut.

"Kejadian tepatnya di Selat Madura, sebelah timur Kota Gresik. Pesawat tersebut mengalami gangguan kemungkinan jatuh ke laut dan tenggelam," kata Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Danpuspenerbal), Laksda TNI Dwika Tjahja Setiawan saat jumpa pers.

Dwika menuturkan, pesawat latih jenis Bonanza ini baru saja mendapatkan pemeliharaan atau perawatan pada 22 Agustus 2022 lalu. Karena itu, TNI AL yakin pesawat tersebut dalam kondisi yang sangat layak.


"Pesawat ini relatif masih sangat layak karena baru saja melaksanakan pemeliharaan pada tanggal 22 Agustus 2022," ujar Dwika.

Pesawat tersebut jatuh saat mendukung latihan kesiapsiagaan armada operasi laut. "Pesawat itu buatan Amerika kemudian pesawat ini masuk di jajaran AL tahun 2013," jelasnya.

Saat ini, TNI Angkatan Laut mengerahkan 13 KRI, satu KAL, satu tim Kopaska, dan satu tim penyelam guna pengecekan. Pencarian dipimpin langsung Pangkoarmada II dan Komandan Guspurla Koarmada II.

Kecelakaan pesawat TNI pun pernah terjadi pada Juli lalu. Pesawat tempur T50i Golden Eagle dari Skuadron Udara 15 TNI AU dilaporkan hilang kontak selama satu jam saat menjalankan latihan terbang malam.

Pesawat itu jatuh di Blora, Jawa Tengah, pukul 18.24 WIB. Lettu Pnb Allan Safitra Indra Wahyudi, pilot T50i, meninggal dunia.



Baca juga artikel terkait PESAWAT LATIH TNI AL atau tulisan menarik lainnya Fahreza Rizky
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Fahreza Rizky
Penulis: Fahreza Rizky
Editor: Maya Saputri

DarkLight