Dani Alves Absen di Piala Dunia 2018

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 12 Mei 2018
Dibaca Normal 1 menit
Cedera lutut yang menimpa Alves memastikan bek sayap asal Brazil itu menjalani operasi.
tirto.id - Timnas Brazil dipastikan kehilangan salah satu palang pintu andalannya, Dani Alves pada gelaran Piala Dunia 2018 di Russia bulan Juni mendatang. Alves dipastikan absen lantaran mengalami cedera lutut.

Cedera yang diderita Alves mula-mula terjadi pada laga final Piala Perancis, Rabu (9/5/2018) lalu. Tampil sejak awal laga, eks punggawa Barcelona dan Juventus itu mengalami masalah pada lututnya dan harus ditarik keluar pada menit ke-86. Dalam pertandingan yang berkesudahan dengan skor 2-0 untuk kemenangan PSG itu, posisi Alves lantas digantikan oleh Thomas Meunier.

Kabar lebih lanjut menyebutkan Alves menderita cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL). Melalui situs resminya, pihak PSG mengonfirmasi bahwa cedera tersebut membuat Alves harus menjalani operasi. Faktor lamanya waktu yang dibutuhkan untuk proses operasi dan pemulihan kemudian memaksa Alves harus menepi dari gelaran Piala Dunia tinggal berlangsung bulan depan.

"Waktu yang diperlukan untuk pengobatan memungkinkan adanya persiapan optimal untuk Piala Dunia. Dalam kondisi ini, sesuai kesepakatan dengan pemain, staf medis Paris Saint-Germain dan Timnas Brazil memutuskan tindakan operasi," tulis PSG pada laman resmi klub, Jumat (11/5/2018) waktu setempat.

Pengumuman resmi juga langsung diberikan oleh pihak Timnas Brazil beberapa jam kemudian. Seleccao tak ingin memaksakan Alves bermain yang dapat berisiko terhadap keberlangsungan karir sang pemain.

"Jelas bahwa pemanggilan Daniel Alves untuk periode persiapan, uji coba, lebih-lebih Piala Dunia merupakan hal yang mustahil," tulis asosiasi sepakbola Brazil, CBF dalam pernyataannya seperti dikutip The Guardian.

Kepastian absennya Alves menjadi pukulan telak bagi karir pemain berusia 35 tahun itu. Pasalnya, jika menimbang faktor usia, kemungkinan besar perhelatan di Russia Juni mendatang merupakan kesempatan terakhir Alves membela Timnas Brazil di ajang Piala Dunia.

Dani Alves tercatat telah membela Timnas Brazil pada 106 pertandingan resmi. Menurut data Transfermarkt, dari jumlah penampilan tersebut, ia telah menyumbang tujuh gol.

Timnas Brazil sendiri dalam waktu terdekat dijadwalkan melakoni partai persiapan Piala Dunia melawan Kroasia, Minggu (3/6/2018) serta menghadapi Austria sepekan setelahnya.Di Ajang Piala Dunia, Philippe Coutinho dan kawan-kawan bakal melakoni partai perdana melawan Swiss, Minggu (17/6/2018). Selain Swiss, Brazil yang tergabung di Grup E juga bakal menghadapi dua tim lain, Serbia dan Kosta Rika.

Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
DarkLight