Dampak Virus Corona, (G)I-DLE Tunda Comeback hingga April 2020

Oleh: Maria Ulfa - 19 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
(G)I-DLE tunda comeback sebagai dampak dari wabah corona Covid-19.
tirto.id - Meski telah menyelesaikan syuting music video (MV) terbaru, girl group (G)I-DLE memutuskan untuk menunda comeback yang semula direncanakan pada bulan Maret menjadi awal April 2020 karena kekhawatiran akan penyebaran virus Corona atau COVID-19.

Hal itu diungkapkan langsung oleh agensi (G)I-DLE, Cube Entertainment pada hari ini, Kamis (19/3/2020).

“(G)I-DLE baru-baru ini sedang mempersiapkan comeback mereka dengan tujuan untuk dirilis sekitar awal April,” ujar perwakilan Cube Entertainment, seperti dikutip Soompi.

“Mereka telah menyelesaikan pemotretan untuk album jacket dan juga syuting music video. Persiapan mereka telah sampai di tahap akhir. Kami mohon antisipasi yang banyak dari kalian untuk comeback mereka,” ujar pihak Cube lagi.

Ini akan menjadi comeback resmi pertama (G)I-DLE setelah mereka merilis single digital berjudul “Uh-Oh” pada Juni tahun lalu.

Lagu “Oh Oh” merupakan hasil aransemen salah seorang personel (G)I-DLE, Soyeon, sekaligus leader grup tersebut. Soyeon juga sosok yang berperan dalam produksi lagu (G)I-DLE sebelumnya, termasuk “LATATA”, “Hann (Alone)”, dan “Senorita”.

Pada Januari 2020, Cube Entertainment mengumumkan bahwa (G)I-DLE akan menemui para penggemarnya di seluruh dunia dengan menggelar konser bertajuk “(G)I-DLE WORLD TOUR ‘I-LAND’: WHO AM I”.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari pihak agensi tersebut, setidaknya terdapat 32 kota di dunia yang akan dikunjungi (G)I-DLE dalam tur dunia tersebut.

Di antaranya adalah Seoul, Bangkok, Seattle, San Jose, Los Angeles, Phoenix, Amsterdam, Paris, Tokyo, dan termasuk Jakarta, Indonesia.

Akan tetapi, karena penyebaran virus Corona, pihak agensi memutuskan untuk menunda tur dunia tersebut yang semula dijadwalkan akan dimulai pada April 2020.

Baru-baru ini, (G)I-DLE berhasil memboyong penghargaan sebagai Dance Performer of the Year dalam ajang The Fact Music Awards (TMA) yang diumumkan pada 16 Maret 2020.

The Fact Music Award atau TMA sendiri merupakan ajang penghargaan musik yang dihelat oleh FANNSTAR.

Acara ini awalnya akan digelar pada 29 Februari 2020 di Gocheok Sky Dome, Seoul dengan dihadiri oleh sederet idol group seperti BTS, Super Junior, MONSTA X, TWICE, Red Velvet, MAMAMOO, dan masih banyak lagi.



Namun, karena kekhawatiran akan penyebaran virus Corona, acara ini akhirnya dibatalkan dan pihak komite pelaksana menggantinya dengan pengumuman secara online yang dilakukan lewat laman resmi mereka.

(G)I-DLE sendiri adalah girl group yang digawangi oleh 6 personel yakni Miyeon, Minnie, Soojin, Soyeon, Yuqi, dan Shuhua yang resmi debut ke dunia musik Korea pada 2 Mei 2018, di bawah asuhan Cube Entertainmnet.

Girl group ini telah menelurkan 2 mini album yakni I AM (2018) dan I Made (2019) dengan single berjudul “LATATA” “Hann (alone)”, “Senorita”, “Uh-Oh”, dan termasuk lagu “LION” hasil dari program acara Queendom di Mnet yang mereka ikuti.

Baca juga artikel terkait DAMPAK VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Maria Ulfa
Penulis: Maria Ulfa
Editor: Yantina Debora
DarkLight