Dampak Virus Corona, BTS Tunda Penjualan Tiket Konser di Eropa

Oleh: Maria Ulfa - 18 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
Pihak promotor juga menyatakan tiket presale untuk para penggemar BTS, Army yang telah terdaftar sebagai member Live Nation telah dijadwalkan ulang.
tirto.id - Penjualan tiket konser BTS “Map of the Soul” di Eropa telah ditunda sebagai dampak dari kekhawatiran atas penyebaran virus Corona atau COVID-19. Hal itu disampaikan langsung oleh pihak promotor, Live Nation pada Selasa (17/3/2020) waktu setempat.

“Karena peristiwa [COVID-19] baru-baru ini, penjualan tiket konser "Map of the Soul" BTS akan dijadwal ulang,” tutur perwakilan Live Nation cabang Inggris, seperti dikutip Yonhap News Agency.

Pihak promotor juga menyatakan tiket presale untuk para penggemar BTS, Army yang telah terdaftar sebagai member Live Nation telah dijadwalkan ulang. Awalnya presale akan dibuka pada hari ini, Rabu (18/3/2020) waktu setempat, tetapi diundur hingga 20 April 2020.

Kemudian, penjualan tiket untuk umum yang semula dijadwalkan pada 29 April 2020, akan dibuka mulai 1 Mei 2020.

“Tolong diingat bahwa jadwal itu bisa berubah tergantung kepada situasinya,” ujar Live Nation lagi.

Sementara itu, BTS akan melangsungkan tur dunia di Eropa yang dimulai dari London pada 3 Juli mendatang, kemudian berlanjut ke Berlin dan Barcelona.

Pada Februari lalu, secara resmi BTS telah membatalkan konser mereka di Seoul yang awalnya akan digelar pada pertengahan April karena kekhawatiran akan penyebaran virus Corona.

Selain itu, tur di "Map of the Soul" di Amerika Utara yang akan digelar pada April dan Mei juga terancam dibatalkan.

Hal tersebut disebabkan, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC) baru-baru ini yang merekomendasikan bahwa untuk 8 pekan ke depan hingga awal Mei 2020, penyelenggara diminta untuk membatalkan atau menunda acara pribadi yang terdiri dari 50 orang atau lebih di seluruh Amerika Serikat (AS).

Baru-baru ini, BTS berhasil meraih penghargaan tertinggi, Grand Prize atau Daesang dalam ajang The Fact Music Awards (TMA). Ini adalah tahun kedua TMA digelar, yang mana tahun lalu BTS juga telah berhasil keluar sebagai pemenang Grand Prize.

Selain Daesang, tahun ini BTS juga memboyong penghargaan lainnya, seperti Listener’s Choice Awards, Artist of the Year, dan TMA Popularity Award.

Sementara itu, BTS berhasil mencetak rekor lewat album terbaru mereka, Map of the Soul: 7. Yang mana, Map of the Soul: 7 menjadi album terlaris yang mencapai 4,1 juta keping hanya untuk penjualan bulan Februari 2020 di Gaon Chart.

Berdasarkan chart album Februari 2020 yang dirilis oleh Gaon Chart pada 12 Maret 2020 lalu, album lengkap keempat BTS, Map of the Soul: 7 telah menduduki peringkat teratas dengan penjualan total mencapai 4.114.843 keping hanya dalam sembilan hari sejak dirilis pada 21 Februari lalu.

Dengan ini, BTS berhasil memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh mereka sendiri. Yakni dengan penjualan bulanan sebanyak 3.229.032 keping dan penjualan tahunan sebanyak 3.718.230 keping yang diraih BTS pada 2019 lalu lewat mini album Map of the Soul: Persona di Gaon Chart.


Baca juga artikel terkait BTS atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Maria Ulfa
Penulis: Maria Ulfa
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight